05/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sat Lantas Polres Purbalingga Gelar Bintek TPTKP dan PPGD

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Sat Lantas Polres Purbalingga, Polda Jawa Tengah menggelar Pembinaan teknis (Bintek) tentang Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas dan Pelatihan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan diikuti personil dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres PurbaIingga dan jajaran anggota Polsek.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Rizky Widyo Pratomo menjelaskan, pembinaan teknis ini digelar untuk meningkatkan kemampuan personil jajaran Polres PurbaIingga dalam menangani kejadian kecelakaan lalu lintas.

Dia menambahkan, sehingga nantinya personil mengerti apa yang harus dilakukan apabila menjumpai atau mendatangi kecelakaan lalu lintas.

“Diharapkan anggota paham dalam melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara serta tidak canggung dalam penanganan terhadap korban kecelakaan,” kata AKP Rizky Widyo Pratama.

Lebih lanjut, dalam pelatihan tersebut masing-masing Polsek mendapat cat semprot yang dapat digunakan dalam TPTKP Laka Lantas.

“Selain itu, dibagikan sticker tentang nomor layanan Polri 110 untuk disosialisasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, untuk pemateri dari Unit Laka Satlantas Polres Purbalingga dengan memberikan materi tentang penanganan TKP kecelakaan lalu lintas.

Sedangkan Pemateri lain dari Team Emergency RSUD Goeteng Taroenadibrata PurbaIingga yang memberikan pelatihan dalam hal Penanganan Pertama Gawat Darurat.

Usai pemberian materi di ruang rapat Satlantas Polres Purbalingga, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik yang diikuti personil yaitu berupa simulasi secara langsung penanganan TKP Laka Lantas dan penanganan korban. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *