04/01/2022

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Santoso Budiawan Ajarkan Strategi Dalam Usaha Untuk Pelajar SMK Maarif 1 Kebumen

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Santoso Budiawan, salah satu putra dari Sugeng Budiawan pemilik Muncul Group dan Grand Kolopaking Hotel memberikan motivasi bisnis dan membeberkan kiat berwirausaha kepada ratusan pelajar SMK Maarif 1 Kebumen.

Diketahui, Santoso Budiawan merupakan anak mas Sugeng Budiawan dan sebagai pewaris Muncul Group dan Grand Kolopaking Hotel dengan usia muda.

Dalam kegiatannya, Santoso dipandu oleh Siti Ngatiqoh. Santoso dalam sesinya dengan jiwa mudanya membawa pelajar SMK Maarif untuk masuk dan berpikir menjadi seorang pembisnis seperti dirinya. Terlihat para pelajar SMK Maarif sangat antusias mendengar motivasi dari Santoso tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Gedung C SMK Maarif 1 Kebumen, Senin (3/1/2021) diikuti 683 peserta siswa kelas XII dengan menghadirkan narasumber seorang pakar wirausaha dan ekonomi Dr KH Fahmi Akbar Idris.

Dalam kesempatan itu, Santoso memaparkan beberapa materi tentang sifat-sifat wirausaha seperti percaya diri Keyakinan, ketidaktergantungan, individualistis, dan optimisme.

Dia juga menjelaskan untuk menjadi seorang pemimpin harus mempunyai 5 level kepemimpinan seperti level 1 yakni Position yang merupakan level terendah dari seorang pemimpin. Kemudian level 2 yakni Permission, level ini muncul ketika memiliki hubungan dengan orang-orang yang dipimpin.

Selanjutnya level 3 yakni Production, level 4 yakni People Development dan terakhir level Pinnacle. Adapun strategi wirausaha, mendapatkan akses permodalan hingga bagaimana membangun jejaring usaha.

Selain itu, Direktur PT Catur Manunggal Lestari sekaligus pemilik hotel Grand Kolopaking ini juga membagikan pengalamannya mengelola unit bisnisnya di bidang otomotif hingga hospitality dan industry.

Tak hanya itu, para peserta juga dibekali tentang pemanfaatan potensi lokal, UMKM, branding, advertising serta dropship/reseller, militansi aswaja dan fikrah, harakah serta amaliyah NU.

“Harapannya hal ini bisa memberikan sedikit inspirasi kepada mereka untuk menekuni wirausaha nantinya,” ucap Santoso.

Sementara itu, Kepala SMK Maarif 1 Kebumen, Muhammad Subkhan SSos I MPd mengatakan, kegiatan dibagi menjadi tiga tahap. Berikutnya tahap 2 akan digelar Rabu 5 Januari 2021 dan tahap 3 akan digelar Jumat 7 Januari 2021.

“Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini merupakan inovasi sekolah di tahun 2022. Selain untuk menjawab tuntutan dari pemerintah terkait keterserapan alumni atau mutu lulusan, Edupreneur NU diharapkan dapat menjadi bekal bagi calon alumni agar memiliki jiwa entrepreneur muda berkarakter NU,” jelasnya.

Dengan begitu, menurutnya, nantinya para lulusan ini bisa langsung bekerja maupun berwirausaha sehingga tidak menganggur.

“Terkait permasalahan yang kami hadapi saat ini yakni kebanyakan para alumni masih masuk daftar tunggu atau belum bekerja maupun melanjutkan ke perguruan tinggi. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *