20/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sanggar Teras Mburi Slinga Bersama Word Cleanup Day Purbalingga Bersih-bersih Sampah

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Sanggar Teras Mburi (Sanggar Belajar) yang berada di Dusun Randegan Desa Slinga, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga terus berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang sehat melalui serangkaian kegiatan Hari Bersih-bersih se-Dunia (World Cleanup Day atau WCD) tahun 2021.

WCD merupakan aksi sosial global tahunan dengan mengajak masyarakat untuk turut membersihkan lingkungan dan menjaga kebersihan.

Andika Rizki Faslulloh (21) selaku Ketua Sanggar Teras Mburi sekaligus penggagas kegiatan mengatakan, bersih-bersih sampah kali ini berkolaborasi dengan Word Clean day Purbalingga beserta pengelola Bendungan Slinga Park.

Dia menjelaskan, sasaran yang dibersihkan dimulai dari Sanggar Teras Mburi di Dusun Randegan Desa Slinga sampai Bendungan Slinga Park kurang lebih sejauh 3 KM dilanjutkan dengan program kali bersih.

“World Cleanup Day ini menjadi momentum untuk membersihkan lingkungan bersih dari sampah-sampah liar, mengatasi permasalahan sampah padat, dan juga menciptakan lingkungan yang sehat,” ungkapnya, Minggu, (19/9/2021).

Pada momentum World Cleanup Day kali ini, ia mengajak seluruh anggota sanggar, warga masyarakat, pelajar maupun relawan untuk turut andil dalam mengatasi permasalahan sampah liar di lingkungan masing-masing agar Desa Slinga, Kecamatan Kaligondang menjadi daerah yang ramah lingkungan dan terhindar dari pencemaran limbah.

Terpisah, Babinsa Koramil 02/Kaligondang Kodim 0702/Purbalingga, Serda Agus Hendri saat dikonfirmasi mengatakan, untuk wilayah Desa Slinga mengapresiasi semua pihak yang turut peduli dalam kegiatan tersebut.

Bersih-bersih ini, lanjut Agus, dalam rangka memperingati World Cleanup Day yang digagas Sanggar Teras Mburi dengan sasaran sampah-sampah liar yang menumpuk.

“Kami berharap kegiatan ini mengajarkan pola kebiasaan yang baik terhadap kedisiplinan masyarakat dalam menjaga lingkungan,” ujar Serda Agus.

Sementara, Ketua WCD Purbalingga, Agam Fikri Ramdhanu menambahkan, World Cleanup Day ditargetkan untuk mengatasi sampah-sampah. Ia mengimbau khususnya masyarakat Desa Slinga agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan rusaknya lingkungan.

“Hari ini yang menjadi target kegiatan World Cleanup Day bersama-sama kita bersihkan sampah-sampah yang menumpuk agar lingkungan menjadi bersih,” pungkasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *