19/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Sambut HSN, Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Gelar Kejucab 

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Perguruan pencak silat Pagar Nusa Cabang Banjarnegara menggelar kejuaraan pencak silat. Kejuaraan tersebut sebagai bagian dari menyambut perayaan hari Santri Nasional Tahun 2021.

Selain itu, juga sebagai ajang pencarian bakat bagi atlet pencak silat di Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar Minggu (17/10) di Gedung Aswaja Center Banjarnegara.

Kejuaraan tersebut mendapat dukungan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen yang juga menjabat sebagai Panglima Santri Gayeng Nusantara.

Wakil Gubernur Jawa Tengah awalnya dijadwalkan hadir, namun akhirnya batal hadir dikarenakan ada acara mendadak yang lebih penting dan hanya menyampaikan pesan lewat telepon.

“Hari ini ada pertandingan pencak silat, menarik sih pertandingan itu untuk memperingati hari santri,” ucapnya setelah menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Kota Lama Semarang.

Ia menambahkan, bahwa pencak silat tersebut harus dilestarikan. Selain itu, dirinya juga mengingatkan pada saat zaman penjajahan, pencak silat digunakan untuk mengusir penjajah.

“Karena perjuangan resolusi jihad kita masih minim senjata. Jadi kekuatan kita masih bambu runcing dan dibekali dengan ilmu bela diri,” terangnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pencak silat itu salah satu benteng pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk merdeka. Ini harus kita lestarikan.

Terlebih saat ini, lanjutnya, pencak silat sudah menjadi bagian dari Cabang Olahraga dan sudah banyak dipertandingkan.

Terpisah, Ketua Cabang Pagar Nusa Banjarnegara, Akhmadi mengatakan bahwa Pagar Nusa merupakan organisasi otonom di bawah Nahdlatul Ulama.

“Sehingga dari kegiatan ini, kita bisa mencetak kader sekaligus atlit profesional yang mempunyai kemampuan baik dari segi skil, olah pikir dan zikir, serta fisik,” ucapnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir atlit handal, juga pendekar dengan kemampuan mumpuni. Termasuk olah fisik, olahraga dan spiritual.

Sementara itu, Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman Ahong mengatakan, Pagar Nusa merupakan bagian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sehingga adanya kejuaraan internal ini tentu akan menambah jam terbang atlet.

“Semakin banyak kejuaraan, maka akan semakin ketat persaingan para pesilat. Dan ini akan sangat bagus dalam pembinaan prestasi atlet, kami yakin dengan banyaknya kejuaraan, maka mental bertanding atlet akan semakin baik, dan ini akan sejalan dengan prestasi atlet itu sendiri,” ujarnya.

Dia juga berharap para pesilat Banjarnegara bisa bangkit dan meraih prestasi. “Sebab Banjarnegara memiliki sejarah yang sangat kuat dalam dunia pencak silat, termasuk adanya juara dunia pencak silat dari Banjarnegara,” pungkasnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *