05/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Rutan Purbalingga Gandeng Kodim Beri Pelatihan Pemeliharaan Senjata Api

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga bekerjasama dengan Kodim 0702/Purbalingga berikan pelatihan pemeliharaan dan perawatan senjata api bagi petugas Pemasyarakatan Rutan Purbalingga.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kesatuan Pengamanan Rutan sebagai wujud pembinaan satuan tugas keamanan dan ketertiban bagi petugas Rutan.

“Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi tugas dan fungsi petugas Rutan khususnya dalam hal pengamanan sesuai dengan Undang-Undang Pemasyarakatan,” kata Plt Kepala Rutan Purbalingga, Bluri Wijaksono, Sabtu (4/9/2021).

Menurutnya, petugas Pemasyarakatan harus sering dilatih bagaimana cara menggunakan, memelihara, dan merawat senjata api. Hal ini sebagai salah satu tugas dan fungsi petugas Rutan dalam ranah pengamanan.

“Harus sering dilatih agar terbiasa menggunakannya, walaupun kita tidak menginginkan sampai terjadi kejadian yang mengharuskan kita menggunakan senjata api,” ujarnya.

Sementara, Dandim 0702/Purbalingga, Decky Zulhas mengatakan, petugas Pemasyarakatan harus paham cara penggunaan dan perawatan senjata api dalam bertugas. Adanya pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi petugas guna menjalankan tugas secara optimal.

“Petugas Rutan wajib tahu cara menggunakan dan merawat senjata api agar kita siap dalam menghadapi ancaman yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” tandasnya.

Seluruh petugas Rutan Purbalingga diperkenalkan cara penggunaan dan perawatan beberapa jenis senjata api. Senjata api tersebut meliputi pistol P3A kaliber 7,65 x 17 mm, Bernadelli kaliber 7,65 x 17 mm, Flash Ball dan senapan Laras panjang produksi Pindad.

“Alhamdulillah 35 petugas Pemasyarakatan ini antusias sekali mengikuti pelatihan mulai dari cara penggunaan, bongkar pasang, pemeliharaan hingga perawatannya. Semoga pelatihan ini bermanfaat,” pungkasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *