14/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Resmi Ditutup, Dandim Serahkan Hasil TMMD pada Pemkab Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi menyerahkan hasil TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 kepada Pemkab Cilacap, dalam hal ini Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman.

Penyerahan tersebut menandai program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0703 Cilacap di Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah resmi ditutup, Kamis (14/10).

Penutupan dilakukan oleh Dandim Cilacap dengan penandatanganan naskah dan penyerahan hasil proyek TMMD kepada Pemkab Cilacap melalui Wakil Bupati.

Sebelumnya, Dandim melalui Pasiter, Kapten Inf Saidin melaporkan hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III yang meliputi sasaran fisik, seperti pembangunan jalan rabat beton sepanjang 615 meter dengan lebar 3 meter, pembangunan jembatan dengan volume 10 meter x lebar 4 meter.

Adapun talud dengan panjang 28 meter, 7 unit RTLH terdiri dari 5 unit bantuan Baznas Cilacap dan 2 unit dari CSR PT Pelindo III, semuanya rampung 100 persen.

Begitu juga sasaran non fisik yang meliputi pelayanan KB gratis, pemberian suvenir, pelayanan langsung dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi usia di bawah 18 tahun, pelayanan e-KTP gratis, akta kelahiran gratis, pengobatan ternak gratis, sosialisasi umat beragama.

Tak lupa, sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, pelatihan industri dan pangan lokal, sosialisasi gula organik, pembinaan tertib arsip desa, sosialisasi P4GN, pembinaan NKRI/Wasbang, bantuan alat pertanian, alat olahraga, komputer/laptop, sinshaw, dan benih ikan.

Menurut Dandim, TMMD yang telah dilaksanakan sejak 16 September hingga 14 Oktober 2021 di Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu ini seluruh sasaran fisik dan non fisik telah selesai 100 persen.

Pihaknya juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sama antara TNI, Polri, Pemkab, dan masyarakat dalam menyukseskan pembangunan pada TMMD Sengkuyung III.

“Harapannya, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil, dan daerah perbatasan,” kata Dandim.

Usai penutupan, Dandim bersama Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman dan undangan lain meninjau langsung hasil sasaran fisik program TMMD, diantaranya rabat beton, jembatan, dan beberapa RTLH yang direhab.

Bahkan, secara langsung wakil bupati bersama Dandim meresmikan penggunaan jembatan yang berlokasi di Dusun Tanjungwangi, Desa Wringinharjo tersebut.

Di hadapan awak media, wakil bupati mengatakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan wujud sinergitas yang sangat luar biasa antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dan BUMN/BUMD swasta, yang sama-sama membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan.

“Pemkab Cilacap punya keterbatasan anggaran, aturan, atau regulasi. Sehingga ketika ada kegiatan seperti TMMD ini, tentu menjadi kegiatan sinergi bersama antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dan semuanya,” kata Syamsul.

Untuk itu, imbuh wabup, pemerintah daerah mengucapkan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada teman-teman TNI dalam kegiatan TMMD Sengkuyung ini.

“Tentunya ini menjadi penyemangat bagi warga masyarakat, pemerintah daerah bersama TNI, Polri, dan semua komponen yang hadir di sini untuk membantu permasalahan yang ada di masyarakat,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *