14/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Resmi Ditutup, Bupati : TMMD Diterima Masyarakat Karena Pekerjaan Bagus, Cepat dan Biaya Murah

CILACAP (BANYUMAS POS) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digarap Satgas Kodim 0703/Cilacap di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap secara resmi ditutup Bupati Cilacap.

Penutupan yang dilaksanakan Rabu, (14/7/2021) di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil TMMD oleh Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) kepada Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan Prasasti Peresmian Proyek TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2021.

Acara dihadiri, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, Wakil Ketua DPRD Cilacap, Purwati dan Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf.

Tampak hadir, Asisten l Sekda, Wasi Ariyadi, Kepala Dispermades Cilacap, Achmad arifin, Kepala Diskominfo Cilacap, M. Wijaya, Camat Dayeuhluhur, Aji Pramono serta Kepala Desa Dayeuhluhur, R. Zaenal.

Dalam sambutanya Dandim Cilacap menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 baik secara moril maupun materiil, meskipun di masa Pandemi Covid-19 serta PPKM Darurat, namun dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan harapan.

TMMD merupakan program kerja terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri dan Lembaga Pemerintahan yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah.

“Sehingga adanya TMMD dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil dan daerah perbatasan,” ujarnya.

Dandim menjelaskan, TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 yang dibuka tanggal 15 Juni 2021 dan berakhir pada tanggal 14 Juli 2021 dengan sasaran fisik meliputi pembangunan pengaspalan jalan sepanjang volume panjang 1700 m lebar 2,5 meter, pembangunan talud volume panjang 200 m, pembangunan mck 1 unit dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 40 unit, dengan hasil 100 persen.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik, masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal karena masih adanya pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat.

Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi saat ditemui mengatakan, betapa pentingnya TMMD di masa Pandemi Covid-19 karena memberikan stimulus atau akselarasi pembangunan secara nyata di Daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji juga mengucapkan terimakasih khususnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan TMMD sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Walaupun di masa pandemi saat ini, TMMD tetap berjalan dan diterima oleh masyarakat karena pekerjaannya bagus, dikerjakan dengan cepat dan biayanya murah,” kata Tatto.

Tatto menambahkan, oleh karenanya kita belajar bagaimana cara membangun Desa. Pembangunan di Cilacap secara tidak langsung kita diajari oleh TNI untuk membangun secara cepat, murah dan baik. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *