18/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ratusan Masyarakat Maritim dan Nelayan Cilacap Ikuti Serbuan Vaksinasi 

CILACAP (BANYUMAS POS) – Sinergitas TNI dalam mendukung program percepatan vaksinasi diwujudkan dengan serbuan vaksinasi yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap bersama dengan Dinas Kesehatan.

Serbuan vaksinasi tersebut ditargetkan menyasar seluruh masyarakat maritim, nelayan dan pekerja pelabuhan di Cilacap. Kegiatan digelar di area Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Sabtu (17/7/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Pasi Ops, Kapten Chb Sutarman dan Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf.

Tampak hadir, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griana Dewi, Danramil 05/Nusawungu, Kapten Cba. M. Isa Saefudin, para Perwira Staf dan Kasatker Lanal Cilacap serta Tim Vaksinator.

Pasi Ops, Kapten Chb Sutarman menyampaikan, dalam serbuan vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis sinovac dan jumlah peserta sebanyak 500 orang.

Kegiatan tersebut melibatkan petugas vaksinator dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Cilacap, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas ll Cilacap dan Rumkitban 04.08.01 Kodim 0703/Cilacap.

Terkait jalannya vaksinasi, peserta vaksinasi wajib mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan pihak penyelanggara mulai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksinasi hingga observasi yang dilakukan dengan Protokol kesehatan ketat.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak penyelenggara menyediakan tempat observasi untuk mencegah adanya efek samping vaksin yang mungkin dialami oleh peserta,” katanya.

Diketahui bahwa masyarakat maritim tergolong rentan terpapar Covid-19 karena sering berinteraksi dengan orang dari berbagai daerah dan nelayan mengingat aktivitas mereka cukup tinggi untuk melaut sehingga diperlukan vaksin untuk menambah kekebalan tubuh.

“Tujuan vaksinasi agar herd immunity bisa terjaga dengan baik dan memiliki kekebalan tubuh. Disamping itu, harus tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19 meskipun sudah divaksin,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *