23/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Rakor Linsek, Polres Purbalingga Bersinergi dengan Instansi, Siap Amankan Nataru

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Polres Purbalingga menggelar rapat koordinasi lintas sektoral (Rakor Linsek) menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru). Kegiatan dilaksanakan di Aula Loka Anindhita Mapolres Purbalingga dihadiri unsur Forkopimda Purbalingga, personel dinas dan instansi terkait serta Tokoh Agama, Rabu (22/12/2021).

Wakapolres Purbalingga, Kompol Pujiono dalam kegiatan mengatakan, dinamika Kamtibmas selama pandemi sangat dinamis, termasuk kebijakan yang perlu dilakukan dalam pengamanan natal dan tahun baru (Nataru). Oleh karenanya, perlu dilakukan rapat koordinasi lintas sektoral.

“Dengan rapat ini diharapkan bisa menelurkan beberapa poin penting karena pengamanan Nataru kali ini berbeda dengan beberapa tahun lalu saat sebelum pandemi, saat pandemi dan sekarang pandemi menuju endemi,” jelasnya.

Disampaikan Wakapolres bahwa dalam pengamanan Nataru kepolisian akan menyelenggarakan Operasi Lilin 2021. Pelaksanaan Operasi Lilin 2021 terhitung mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

“Polres Purbalingga akan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021 pada Kamis (23/12/2020). Untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana pendukung,” kata Wakapolres.

Wakapolres berharap dengan kesiapan seluruh personel serta sarana dan prasarana serta sinergitas seluruh instansi harapannya bisa maksimal dalam pelaksanaan tugas.

Termasuk pemantauan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya Covid-19 gelombang ketiga, sehingga pelaksanaan kegiatan Natal dan tahun baru di Kabupaten Purbalingga bisa berjalan aman dan lancar tidak terjadi gangguan.

Sementara itu, Kabag Operasi Polres Purbalingga AKP Totok Nuryanto dalam kegiatan menyampaikan bahwa dalam pengamanan Nataru Polres Purbalingga menyiapkan 279 personel. Dari jumlah tersebut terbagi dalam beberapa satuan tugas dan pengamanan.

Disiapkan pos pengamanan terpadu di Alun-alun Purbalingga, Pos pengamanan atau check point di perbatasan yaitu wilayah Jompo, Karangreja dan Bukateja. Selain itu, pengamanan di tiga gereja besar serta seluruh gereja di wilayah Kabupaten Purbalingga. Termasuk pengamanan di lokasi objek wisata.

Dalam rakor tersebut disampaikan kesiapan masing-masing instansi mendukung pengamanan Nataru. Ditampilkan cuplikan video tentang cara bertindak di lokasi check point terhadap kendaraan dari luar kota yang masuk atau melintas di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Dimana tidak ada penyekatan atau putar balik kendaraan namun dilakukan pemeriksaan kesehatan, dokumen perjalanan dan riwayat vaksinasi. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *