22/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke 61, Kejari Cilacap Gelar Upacara Secara Virtual dan Baksos

CILACAP (BANYUMAS POS) – Puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke 61, Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap dan para pejabat eselon IV Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap Gelar upacara secara virtual di Aula Kantor Kejari Cilacap, Kamis (22/7/2021). Upacara dipimpin langsung Kajagung RI, ST Burhanuddin yang bertindak sebagai Inspektur Upacara melalui zoom meeting.

Tampak hadir, Kepala Sub Bagian Pembinaan, AG Erwin, Kepala Seksi Intelijen, Dian Purnama, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, Widi Wicaksono selaku Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap dan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus, Muhammad Hendra Hidayat, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Nurul Anwar serta Kepala Seksi Barang Bukti, Eko Joko P.

Sedangkan para pegawai Kejaksaan Negeri Cilacap lainnya mengikuti jalannya upacara dari ruang kerja masing-masing melalui kanal youtube Adhyaksa TV.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilacap T Tri Ari Mulyanto berhalangan hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) sehingga diwakilkan Widi Wicaksono sebagai Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap.

Upacara secara virtual dilaksanakan dengan mempedomani Surat Edaran (SE) dari Panitia Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 Tahun 2021 Nomor B-90/D/HBA/07/2021 tanggal 19 Juli 2021, bahwa pelaksanaan upacara Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 pada Kejaksaan Negeri Cilacap dilaksanakan secara virtual.

Dalam amanatnya, Kajagung RI, ST Burhanuddin menyampaikan, jajaran Adhyaksa ikut berperan serta memantau dan memastikan ketersediaan obat-obatan untuk penanganan Covid-19 di masa pandemi ini.

“Keluarga besar Adhyaksa senantiasa meningkatkan kewaspadaan diri, serta selalu mawas diri untuk senantiasa menjalankan Prokes demi menghindarkan diri dari tertular virus Covid-19,” kata Kajagung RI.

Untuk penanganan perkara narkotika, lanjut Jaksa Agung, agar mempedomani peraturan perundang-undangan yang terbaru.

“Kita senantiasa mengingat dan mendoakan keluarga besar Adhyaksa yang telah mendahului kita, akibat terpapar Covid-19,” himbaunya.

Selain itu, Kajagung juga memberikan tujuh Perintah Harian kepada para Adhyaksa seperti dukung penuh kebijakan Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sesuai ketentuan.

Menggunakan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas dan kewenangan. Menciptakan karya-karya yang inovatif dan terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik.

Mewujudkan kejaksaan digital dalam penyelenggaraan manajemen teknologi informasi dan sistem satu data kejaksaan. Memperkuat asas dominus litis dalam setiap pembentukan peraturan perundang-undangan.

Segera sinergitaskan peran penuntutan dan penanganan perkara koneksitas pada jaksa agung muda bidang pidana militer, dan menjaga marwah institusi dengan bekerja secara cerdas, integritas, profesional, dan berhati nurani.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Widi Wicaksono.

Plh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Widi Wicaksono saat ditemui mengatakan, dalam perayaan Hari Bhakti Adhyaksa ke 61, Kejari Cilacap fokus kepada kegiatan Bakti sosial.

Widi menegaskan bahwa dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini pihaknya fokus kepada kegiatan yang bersifat sosial dan sama sekali tidak ada acara hiburan dikarenakan situasi Pandemi Covid-19.

“Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 ini bertemakan “Berkarya Untuk Bangsa”, dimana sebagai insan Adhyaksa dalam situasi Covid-19 juga dituntut peran serta untuk bekerjasama dengan TNI-Polri serta Pemerintah bahu membahu dalam penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa Kejari Cilacap telah melaksanakan kegiatan seperti vaksinasi massal yang digelar pada tanggal 12 Juli 2021 di gedung Darussalam Cilacap diikuti 366 peserta.

“Kita juga melakukan anjangsana ke Pernaja atau purnawirawan yang pernah bertugas di Kejaksaan sebanyak 20 orang di Cilacap dengan memberikan paket sembako,” imbuhnya.

Selanjutnya, paket sembako dan Alkes juga diberikan kepada honorer/office boy Kejaksaan, Panti Jompo di Slarang, Panti Asuhan yayasan Bhineka.

Selain itu, juga kepada tukang parkir, tukang sampah, tukang becak, dan keluarga kurang mampu serta para ibu-ibu di sekitar area terminal Cilacap. Kemudian melaksanakan peletakan karangan bunga di TMP Cilacap.

“Dengan Hari Bhakti Adhyaksa ini, memacu semangat kita untuk bekerja lebih baik lagi mengabdi kepada masyarakat dalam pelayanan. Mudah-mudahan peran aktif kita bisa bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *