17/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Proyeksi Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022 Berimbang

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Proyeksi Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dengan anggaran berimbang sebesar Rp 2,8 triliun. Data itu diungkapkan Sekretaris DPRD Kebumen, Sri Kuntarti kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Penyusunan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas dan Plafon Sementara (KUA/PPAS) Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2022 disusun menyesuaikan Perda Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Alokasi anggaran tahun 2022 mengacu pada Perda SOTK baru, sehingga mengalami penyesuaian dalam penyebutan nama OPD. Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun Anggaran 2022, Pemkab Kebumen menargetkan Pendapatan Daerah sebesar Rp 2,7 triliun.

Dengan target Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp 132,9 miliar, sehingga kemampuan keuangan daerah Kabupaten Kebumen di tahun 2022 adalah sebesar Rp 2,8 triliun.

“Adapun Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 41,3 miliar, ” kata Sri Kuntarti didampingi Kabag Humas DPRD Kebumen, Rusta Hidayati.

Dengan demikian total Belanja Daerah dan Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 2,8 triliun.

Penerimaan pembiayaan adalah semua penerimaan Rekening Kas Umum Daerah. Antara lain bersumber dari penerimaan pinjaman, penjualan obligasi pemerintah, hasil privatisasi perusahaan daerah, penerimaan kembali pinjaman yang diberikan kepada pihak ketiga, penjualan investasi permanen lainnya, dan pencairan dana cadangan.

Dengan penyampaian KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022 dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2022 akan memperlancar dalam pembahasan Raperda APBD Tahun Anggaran 2022, sehingga nantinya bisa ditetapkan tepat waktu sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada.

Setelah KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022 diserahkan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, pada rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian KUA/PPAS Kabupaten Kebumen Tahun 2022.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sarimun, didampingi para Wakil Ketua Fuad Wahyudi, Agung Prabowo, dan Yuniarti Widayaningsih. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *