29/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

PPDI Banyumas Datangi Polresta, Dukung Polisi Ungkap Kasus Oknum LSM Peras Kades

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Slamet Mubarok Selaku Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) kabupaten Banyumas bersama Perangkat Desa Lainya mendatangi Polresta Banyumas, Kamis (29/4/2021) siang.

Kedatangan mereka guna menyatakan sikap dan mendukung Proses penegakan hukum yang dilakukan Polresta Banyumas, dalam mengungkap Kasus Dugaan Oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang melakukan bentuk pemerasan

Dalam kesempatannya, Ketua PPDI Kabupaten Banyumas diterima oleh Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim di Ruang Joglo Polresta Banyumas.

Ketua PPDI Banyumas menyampaikan lima pernyataan sikap yaitu mendukung sepenuhnya kepada pihak Polresta Banyumas, Kejaksaan Negeri Banyumas, Kejaksaan Negeri Purwokerto, mengusut tuntas permasalahan dugaan pemerasan yang dilakukan oknum LSM dan mengajak semua pihak untuk menahan diri dan saling mengahargai upaya hukum yang sedang berjalan.

Selanjutnya, mengajak kepada seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk bekerja dengan hati-hati serta mengikuti aturan yang ada, menolak dengan tegas, semua bentuk premanisme, pemerasan yang dilakukan siapapun kepada kepala Desa dan Perangkat Desa kaitannya dalam pelaksanaan tugasnya serta memohon kepada Bupati Banyumas untuk memberi arahan dan pembinaan kepada semua pihak agar tercipta Banyumas yang damai.

“Kedatangan kita kesini adalah untuk mengantarkan sebuah surat. Banyak oknum yang mengaku LSM ke Desa dan akan melaporkan kita serta menakut-nakuti. Ini perlu diluruskan, dalam hal ini kami mengapresiasi sekali jajaran Polresta Banyumas, yang sedang menangani kasus ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia menambahkan, pihaknya menolak bentuk premanisme yang dilakukan oleh siapapun kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa yang ada di Kabupaten Banyumas.

“Ini bentuk empati dan keperdulian kami pada kepala Desa yang menjadi korban dugaan pemerasan,” tandasnya.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim, saat menemui para Perangkat Desa menyampaikan agar jangan takut para Perangkat jika mendapat ancaman dari oknum LSM dan bentuk pemerasan lainya, supaya menghubungi Kapolsek wilayah masing-masing.

“Dalam laporan kasus yang sedang ditangani, kita akan berikan informasi sesuai apa adanya dan transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi. Tolong kami dibantu jika ada bukti-bukti lain sebagai Foul up,” jelas Kapolresta Banyumas.

Selanjutnya, Polres Banyumas akan memberikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) secara bertahap terkait perkembangan kasus.

“Kami juga perlu dikoreksi biar penyidikan berjalan baik dan benar. Kami pun tidak ada tendensi apa-apa, Jika salah ya salah. Sebagai warga yang baik, mari kita menjaga keamanan dan kenyamanan. Jika ada hal yang tidak baik tolong laporkan, jangan takut. Warga yang melapor akan aman tidak akan diberitahukan ke publik,” pungkas Kapolresta. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *