01/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Polres Purbalingga Gelar Upacara Hari Bhayangkara Ke-75 Secara Virtual

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Polres Purbalingga, Polda Jawa Tengah menggelar upacara Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021 secara virtual. Upacara diikuti Forkompimda Purbalingga di ruang video conference (Vicon), Kamis (1/7/2021).

Dalam upacara tersebut, peserta upacara mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara Nasional. Upacara tingkat Nasional dilaksanakan di Istana Negara Jakarta dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saat upacara virtual para peserta menyimak sambutan Presiden Joko Widodo yang diantaranya menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke 75 dan apresiasi atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Saya minta kepada jajaran Polri untuk terus aktif mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya,” kata Presiden dalam amanatnya.

Jokowi berpesan agar Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum. Polri juga jangan pernah lengah dalam memberikan perlindungan, memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara juga semakin kompleks. Polri harus berpacu untuk menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan,” tambahnya.

Presiden mengingatkan penggunaan kewenangan Polri melakukan penangkapan, melakukan penahanan, melakukan penggeledahan, melakukan penyitaan dan seterusnya harus dilakukan secara bijak, harus dilakukan secara bertanggung jawab.

“Ingat, bahwa Negara kita adalah Negara Pancasila, Negara demokrasi dan Negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia,” pesannya.

Selain itu, dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, Polri harus membenahi dan memperkuat manajemen dan kelembagaannya.

Polri juga harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern.

“Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, kepada bangsa, kepada Negara. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalankan amanah ini. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah bertransformasi menuju Polri yang presisi, menjadi abdi utama nusa dan bangsa,” ucap Presiden menutup amanatnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *