20/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Polres Cilacap Gelar Operasi Patuh Candi Tahun 2021, Ini Pesan Kapolres

CILACAP (BANYUMAS POS) – Polres Cilacap, Polda Jawa Tengah mulai menggelar Operasi Patuh Candi 2021. Operasi Candi Tahun 2021 yang dimulai tanggal 20 September – 03 Oktober 2021 ini mengambil tema “Melalui Operasi Patuh 2021 kita tingkatkan disiplin Protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap”.

Apel gelar pasukan Operasi Candi 2021 dipimpin langsung Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi Senin, (20/9) di halaman Apel Sarja Arya Racana, Mapolres Cilacap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Cilacap, Kompol Suryo Wibowo, Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, Perwira Staff serta Anggota Polres Cilacap.

Operasi patuh Candi Tahun 2021 melibatkan 104 Orang petugas yang terdiri dari Polri 64 Orang dan instansi lain 40 Orang terdiri dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Cilacap.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengungkapkan bahwa Polri kembali menggelar Operasi Patuh 2021. Tetapi tahun ini berbeda karena tidak hanya menertibkan para pelanggar tapi juga Protokol kesehatan.

“Operasi Patuh Candi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Operasi Patuh Candi tidak berorientasi pada Gakkum lantas atau tilang, namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri,” kata Kapolres dalam sambutannya.

Dia menambahkan, bahwa dengan mengedepankan metode preemtif dan preventif ini bertujuan untuk penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing wilayah.

“Dalam operasi Patuh Candi 2021 kali ini menggunakan pola operasi yang awalnya 80% giat preemtif dan preventif serta 20% Gakkum dirubah menjadi 100% tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri,” tandasnya.

Saat ini, lanjut Kapolres, Pemerintah masih terus berjuang menurunkan angka penyebaran Covid-19 dengan berbagai kebijakan, antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap Prokes dengan 6M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama, dan percepatan pemberian vaksinasi.

“Tujuan utama Operasi Patuh 2021 kali ini adalah untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun dalam penerapan protokol kesehatan terkait penyebaran virus corona,” terangnya.

Kapolres juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan Protokol kesehatan.

“Dengan dilaksanakan operasi ini, diharapkan agar masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas dan mematuhi Prokes dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *