25/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Petani Desa Baleraksa budidaya Ikan Lele, Guna Bangkitkan Ekonomi

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Ditengah-tengah sulitnya mencari pekerjaan dan sulitnya membangkitkan roda ekonomi, akibat pandemi Covid-19, Fajar Pamuji, salah satu petani lele sangkuriang Desa Baleraksa, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga berinisiatif melakukan budidaya ikan lele sangkuriang.

Fajar Pamuji atau yang akrab disapa kang Ipang mengatakan, hal tersebut dilakukannya agar mendapatkan penghasilan dengan usaha kreatif yang dimilikinya guna meningkatkan taraf hidup.

“Saya membuat kolam ikan di tengah sawah berbahan sederhana dari terpal untuk budidaya ikan lele jenis sangkuriang. Dan ternyata hasilnya sangat menjajikan,” ungkapnya.

Berbekal pengalamannya pernah mengikuti pelatihan budidaya ikan lele sangkuriang di Bogor, dia berusaha untuk mengembangkannya di Desa.

Dia menjelaskan, cara budidaya lele sangkuriang itu sangatlah mudah dan tidak makan tenaga. Tidak perlu lahan yang luas dan tidak perlu banyak air.

Lebih lanjut, ikan lele yang ada di kolam buatannya ini baru berusia 20 hari, namun sudah besar-besar. Jangka 2-3 bulan itu sudah dapat dipanen dan kemudian dikomsumsi.

“Untuk pemasarannya juga sangat mudah dan sekarang banyak dicari oleh pelanggan dikarenakan lele sakuriang di samping cepat besar, juga rasanya sangat gurih dan banyak gizinya,” kata Fajar.

Dia berharap, Desa Baleraksa bisa menjadi sentra lele sangkuriang, karena mudah dalam pemeliharaan, cepat besar, dan hasil yang sangat memuaskan. Disamping itu juga sangat baik untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi ini, termasuk untuk membuka lapangan kerja di Desa.

“Jadi anak-anak muda bisa berkreatif untuk membuat kolam ikan lele sangkuring ini dirumah masing-masing, sebab tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan cukup disamping rumah atau dihalaman dengan air sedikit dan tidak perlu gonta-ganti air,” ujarnya.

Dia mengajak masyarakat di Desa agar memberdayakan lahan yang ada untuk berkarya agar mendapatkan penghasilan guna meningkatkan taraf ekonomi.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu lagi merantau jauh-jauh keluar kota untuk mencari lapangan pekerjaan, namun dapat berusaha dengan budidaya ikan sehingga tetap bisa berkumpul keluarga saat lebaran nanti namun memiliki penghasilan.

“Mulai sekarang masyarakat harus cerdas, jangan mencari lapangan pekerjaan tapi harus bisa bikin lapangan kerja,” pungkasnya. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *