12/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pertashop Desa Jepara Kulon Untuk Mudahkan Masyarakat Mendapat Bahan Bakar

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka mengembangkan perekonomian Desa, Pemerintah Desa Jepara Kulon, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap membangun Pertashop kerjasama dengan PT Pertamina Cilacap yang dikelola oleh Bumdes “Manunggal Berkah Jaya” dengan tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Kepala Desa Jepara Kulon, Sahid mengatakan Pertashop ini merupakan program Pertamina Shopping (Pertashop) untuk mempermudah masyarakat Desa mendapatkan bahan bakar dan sebagai stimulus pembangunan ekonomi di Desa.

“Pertashop berkapsitas penyimpanan 3 KL upper ground ini sudah beroperasi sejak awal Januari 2021 lalu dan telah menghasilkan 1000 liter dalam satu hari dengan harga Rp 9000/liter,” tuturnya.

Sahid menambahkan, untuk jam operasional dibuka dari mulai dari pukul 06.00 – 21.00 WIB. Pagi hari masyarakat sudah dapat mengisi bahan bakar berjenis pertamak ini.

Pembangunan Pertashop tersebut dikelola oleh Bumdes “Manunggal Berkah Jaya” milik Desa Jepara Kulon dengan sistem bagi hasil dan Pemdes Jepara Kulon sendiri memperoleh hasil dari keuntungan Pertashop sebanyak 10%.

Sahid menjelaskan, hasil dari keuntungan Pertashop tersebut akan dimasukan kedalam APBDes dalam perencanaan satu tahun sekaligus untuk menambah Pendapatan Asli Desa Jepara Kulon.

“Pertashop hadir untuk memudahkan kebutuhan masyarakat agar mudah dalam mendapat bahan bakar dan menurut kami, keberadaan Pertashop ini tidak berdampak signifikan terhadap penjual bensin eceran di wilayah sekitar,” ucapnya.

Sahid berharap, adanya Pertashop di Desanya agar dapat berjalan lancar dan memudahkan warga masyarakat dalam mencari bahan bakar sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan guna kelancaran transportasi warga. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *