18/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pertamina Cilacap Raih Rekor Muri 2021, Tanam 200 Pohon Tumbuhan Aromatik Dengan 76 Jenis 

CILACAP (BANYUMAS POS) – Musium Rekor Indonesia (Muri) memberikan penghargaan kepada Pertamina RU IV Cilacap saat kegiatan penanaman tumbuhan aromatik terbanyak di kawasan konservasi PT Pertamina RU IV Cilacap Komplek Perumahan Pertamina Tegalkamulyan Jalan Setiabudi Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Selasa (17/8/2021).

Penanaman tumbuhan aromatik tersebut sebanyak 200 Pohon tumbuhan Aromatik dengan 76 jenis tumbuhan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Eko Sunarno Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi dan Dandim 0703/Cilacap, Letkol lnf Andi Afandi.

Tampak hadir, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Timotius Tri Ari Mulyanto, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulimin, Kepala DLH Kabupaten Cilacap, Murniyah, Lurah Tegalkamulyan, Maini serta perwakilan dari Musium Rekor Indonesia, Ari Murtiningsih.

Dalam sambutannya, General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Eko Sunarno menyampaikan rasa syukur karena masih diberikan nikmat dan kesehatan bisa hadir di perumahan Tegalkatilayu dalam Acara Rekor Muri 2021 Penanaman tumbuhan Aromatik Terbanyak di Kawasan Konservasi PT. Pertamina RU lV Cilacap sebanyak 200 tumbuhan Aromatik dengan 76 jenis.

“Pertamina Refinery Unit IV Cilacap melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Keanekaragaman Hayati bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap melakukan upaya konservasi ex-situ tanaman Astiri Endemik yang berada di wilayah Hutan Tropis Nusakambangan,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, lanjutnya diharapkan dapat mempertahankan keberadaan pohon Astiri di Kabupaten Cilacap pada khususnya serta untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan dan Penelitian.

“PT. Pertamina RU lV Cilacap ikut melestarikan lingkungan hidup dengan program kita kilang ikut berkontribusi tentang lingkungan hidup dan hayati, tanggal 17 Agustus 2021 kita akan kembali mencatatkan Rekor Muri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jenis tumbuhan aromatik bisa kita lestarikan dan manfaatnya banyak. Terdapat 76 jenis, ini kekayaan jenis tanaman yang ada di Pulau Nusakambangan.

“Kekayaan alam ini bisa kita kelola dan bisa kita publikasikan semoga jadi manfaat dan pengembangan ke area lain,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya Pertamina Refinery Unit IV Cilacap juga telah memiliki program Konservasi Tanaman Endemik yaitu Konservasi Ex situ Tanaman Endemik Pelalar di area Komplek Perumahan Pertamina.

Sementara, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, ini adalah inovasi dari Pertamina RU lV Pertamina Cilacap.

“Selamat atas Rekor Muri, semoga semakin banyak lagi Muri yang akan ditorehkan di Kabupaten Cilacap tercinta ini,” ucap Tatto. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *