01/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Persit Hidupkan Kembali Budaya Lokal Kesenian Tek-Tek

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Komandan Kodim 0704/Banjarnegara, Letkol Arh Sujeidi Faisal, mengapresiasi Persit KCK Cabang XIX Dim 0704/Banjarnegara yang telah menorehkan prestasi di bidang kesenian

Namun, semenjak adanya pandemi Covid -19 ini, kesenian tek-tek Persit KCK Cabang XIX/ Dim 0704/Banjarnegara sempat terhenti dan kini acara kesenian tek-tek kembali digelar bertempat di Tribun Jenderal Soedirman, Selasa (30/3/21).

“Sebagai Ketua Persit KCK Cabang XIX Dim 0704/Banjarnegara, saya berkewajiban menghidupkan kembali kesenian daerah eks karesidenan Banyumas di Persit KCK Cab XIX/Banjarnegara,” kata Dandim.

Sujeidi menjelaskan, Kodim memiliki alat yang lengkap, serta anggota persit yang memiliki jiwa seni. Semangat yang luar biasa inilah sehingga kesenian tek tek ini dihidupkan kembali.

“Semoga dengan kembalinya tek tek di Persit KCK Cab XIX/Dim 0704/Banjarnegara dapat memberi semangat baru dan kegembiraan di masa pandemi serta meningkatkan imun baik dalam diri pemainnya ataupun bagi yang mendengarkan dan melihatnya. Dengan tetap menggunakan Protokol kesehatan dan pakai masker,” ungkapnya.

Dandim berpesan bahwa kegiatan ini harus tetap dilestarikan sebagai warisan budaya untuk kita salah satunya yakni musik tek tek dan tek tek ini merupakan ciri khas dari eks karesidenan Banyumas termasuk Banjarnegara.

“Tentunya kita bersama memiliki kewajiban untuk melestarikan kebudayaan yang sudah ada yang diwariskan dari leluhur dan kegiatan ini sangat baik sekali yang bisa menjadi contoh untuk generasi muda,” ujarnya. (Mar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *