11/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Persiapan Penutupan TMMD, Kodim dan Pemkab Cilacap Gelar Rakor

CILACAP (BANYUMAS POS) – Menjelang berakhirnya seluruh kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Kodim 0703 Cilacap di Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Kodim bersama Dispermades menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penutupan TMMD.

Rakor yang dilaksanakan Senin (11/10) di Aula Satya Kartika, Makodim Cilacap dipimpin Kasdim Mayor Inf Abdul Asis Lallo didampingi Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dispermades Cilacap, Hanum Nuswantoro.

Tampak hadir, Pasiter, Kapten Inf Saidin, Danramil 10/Gandrungmangu, Kapten Inf Marjono, Camat Gandrungmangu, Yani Yhustianta, dan Kapolsek AKP Sudriyo, Kaurlid Sintel Lanal Cilacap Kapten Laut (P) TB Gunawan, perwakilan instansi, OPD, BUMN/BUMD Kabupaten Cilacap dan Kepala Desa Wringinharjo, Hasanan.

Dalam sambutan tertulis Sekda Cilacap yang dibacakan Hanung Nuswantoro disebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna membahas dan mempersiapkan bersama agar dalam penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III nantinya berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang memfasilitasi terlaksananya TMMD di Desa Wringinharjo sehingga tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat administrasi. Juga dapat dipertanggungjawabkan baik secara fisik maupun keuangan.

Diketahui bahwa Kabupaten Cilacap mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut.

Hanum menjelaskan, tujuan rapat untuk mengevaluasi secara umum kegiatan TMMD Sangkuyung Tahap III di Kabupaten Cilacap tahun 2021, mempersiapkan penutupan TMMD serta menyampaikan informasi program/kegiatan OPD, BUMN, BUMD dan swasta yang telah dilaksanakan.

“Selain itu, menginformasikan rencana kegiatan TMMD Sengkuyung dan Reguler tahun 2022, dan meminta masukan atau pendapat untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021,” tambahnya.

Lanjut Hanum, realisasi pelaksanaan kegiatan fisik yang meliputi rehab atau pembangunan jembatan dengan volume 10 x 4 m, pembangunan rabat beton 615 x 3 m, pembangunan MCK 1 unit, dan pembangunan talud sepanjang 28 m telah selesai 100 persen.

Termasuk pembangunan pendukung, yaitu pemugaran RTLH Baznas Cilacap 5 unit, pemugaran RTLH PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Intan 2 unit, pembangunan swadaya masyarakat pada Pos Kamling di RT 05 RW 03 Dusun Tanjungwangi.

Ia juga mengingatkan, untuk rencana kegiatan TMMD tahun 2022 antara lain TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Cimrutu, Kecamatan Patimuan, TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, dan TMMD Reguler di Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari.

“Mengingat kegiatan TMMD Sengkuyung merupakan agenda rutin nasional, maka diharapkan kepada seluruh OPD dan BUMN/ BUMD untuk dapat mengagendakan kegiatan yang sekiranya dapat disinkronisasikan dengan TMMD, melalui anggaran yang ada di masing-masing OPD dan BUMN/BUMD,” ungkapnya.

Sementara, Kasdim Mayor Inf Abdul Asis Lallo mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung di Kabupaten Cilacap masih dibutuhkan di desa-desa yang belum terjangkau. Ia menyampaikan bahwa penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2021 mendatang.

“Kita harus persiapan sedini mungkin terutama perlengkapan dan logistik. Penutupan rencananya dilakukan oleh Dandim 0703 Cilacap, dan Bupati Cilacap akan hadir,” terangnya.

Terkait sasaran fisik, ia mengungkapkan sudah mencapai 100 persen, dan sarana prasarana termasuk warga masyarakat supaya dilibatkan dalam penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III.

Kasdim juga mengucapkan terima kasih kepada para OPD, pengusaha, yang terlibat dan membantu kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *