26/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pernyataan Sikap Ormas PP dan LSM GMBI Cilacap, Kapolres Pinta Jaga Situasi Kamtibmas

CILACAP (BANYUMAS POS) – Perselisihan yang terjadi antara ormas Pemuda Pancasila dengan LSM GMBI di Kebumen beberapa hari lalu, membuat ormas Pemuda Pancasila dan LSM GMBI di Cilacap mensikapinya dengan menggelar deklarasi kesepakatan bersama.

Deklarasi tersebut ditandai dengan pernyataan sikap sebagai bentuk komitmen untuk menjaga hubungan yang baik dan harmonis antara ormas Pemuda Pancasila dan LSM GMBI di Cilacap dilakukan di halaman Mapolres Cilacap, Kamis (26/8/2021).

Sebanyak 4 orang perwakilan dari ormas Pemuda Pancasila dan 5 orang perwakilan dari LSM GMBI Cilacap telah menyatakan sikap untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan antar ormas, Pokmas dan juga LSM.

Hal tersebut demi menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Cilacap yang aman. Serta berjanji untuk tidak menggerakan massa ke Kabupaten Kebumen.

Dalam deklarasi tersebut, keduanya menyatakan bahwa menyerahkan sepenuhnya permasalahan tersebut kepada pihak Kepolisian dan tidak akan melakukan mobilisasi massa ke wilayah Kabupaten Kebumen.

Selain itu, sanggup menjaga kerukunan dan keharmonisan antar Ormas, Pokmas, dan LSM demi terciptanya situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Cilacap yang kondusif.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kehadiran ormas Pemuda Pancasila dan LSM GMBI dalam rangka merespon konflik yang terjadi di Kebumen.

“Deklarasi kesepakatan yang sudah dilaksanakan ini sebagai bentuk komitmen untuk menjaga hubungan yang Harmonis. Kita harus pelihara Kamtibmas bersama agar tidak berdampak yang merugikan masyarakat. Kedepan, kita isi dengan kegiatan yang positif agar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kapolres.

Di sela-sela kesempatan, Kapolres menyampaikan bahwa sesuai arahan dari Kapolda bahwa ormas tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang melanggar hukum seperti penangkapan atau sejenisnya.

“Saya mohon untuk masing-masing pimpinan, baik dari ormas Pemuda Pancasila maupun LSM GMBI agar bisa mengendalikan anggotanya agar tidak mudah terprofokasi,” ucap Kapolres.

Sementara, Kasat Intel Polres Cilacap AKP Gatot Sumbono berpesan, bila ada perkembangan sekecil apapun agar disampaikan ke aparat penegak hukum biar tidak berkembang menjadi besar. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *