29/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peringati Nuzulul Qur’an 1442 H, Kodim 0709/Kebumen Gelar Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim Piatu

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang menggelar acara buka bersama dilanjutkan peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H di halaman Makodim 0709/Kebumen. Rabu (28/4/2021).

Dalam kegiatan tersebut Dandim 0709/Kebumen menggandeng anak-anak Yatim Panti Asuhan Putra Mandiri dan Panti Asih dari Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

Acara digelar secara sederhana. Usai buka puasa, bersama dilanjutkan sholat isya dan sholat tarawih secara berjamaah. Acara dimulai pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Anggota Makodim 0709/Kebumen, Praka Masrur.

Dalam sambutannya, Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang mengatakan agar semua wajib bersyukur kepada Alloh SWT atas segala rahmat yang di berikan.

“Bertepatan dengan Nuzulul Qur’an ini, marilah kita senantiasa menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman kita dalam menjalani hidup di dunia ini serta kita tingkatkan solidaritas terhadap sesama,” ucapnya.

Dandim menambahkan, diawali dengan niat yang sungguh-sungguh serta mampu menjalankan kewajiban dan menjauhi segala larangan-NYA serta menjadikannya sebagai pondasi moral yang dapat memotivasi semangat dalam pelaksanaan tugas pengabdian sehari-hari.

Acara dilanjutkan ceramah oleh Kyai Amir Mahmud dari Kecamatan Petanahan, Kebumen. Dalam ceramahnya, ia mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai petunjuk menuju rahmat Alloh SWT.

“Al-Qur’an bukan hanya sebuah buku yang berisi do’a-do’a tetapi merupakan sumber dari segala sumber kebenaran,” kata Kyai Amir Mahmud.

Menurutnya, Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting, yaitu diturunkannya Wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, berupa ayat-ayat suci Al-Qur’an sebagai pedoman, penuntun dan penerang umat manusia dalam menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan-NYA, sehingga senantiasa hidup dalam kebenaran, kesucian dan kemuliaan Allah SWT.

“Tidak terasa Ramadhan 1442 H tahun ini perlahan sudah mulai berjalan meninggalkan kita dan untuk itu mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai bulan yang suci dan pada bulan Ramadhan ada malam Nuzulul Quran sehingga kita senantiasa tekun melaksanakan ibadah sehingga kita mendapatkan Nuzulul Quran saat beribadah agar bisa Istiqomah,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan pemberian sembako secara simbolis kepada anak-anak panti asuhan yang hadir dan penyerahan bantuan dari Bank BRI Gombong sebagai wujud tali asih. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *