21/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peringati Harkitnas, SMAN 1 Sigaluh Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Banjarnegara (Banyumas Pos) – Sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seluruh masyarakat diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Tak terkecuali, guru SMA Negeri 1 Sigaluh, Banjarnegara yang turut melaksanakannya di halaman sekolah. Dengan penuh hidmat, mereka melaksanakan di depan tiang bendera, Kamis (20/5/2021) pukul 10.00 WIB.

Kepala SMAN 1 Sigaluh Ibnu Rohmadi mengatakan, hal itu tidak sekedar melaksanakan instruksi dari Gubernur, namun dilakukan sebagai bentuk patriotisme bangsa.

“Kita biasa memperingati hari besar nasional dengan upacara bendera. Namun karena kondisi Pandemi seperti ini, peringatan seperti ini saja sudah sangat berarti maknanya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sesuai apa yang dikatakan Gubernur, di era pandemi seperti ini, wujud patriotisme salah satunya dengan menjaga Protokol kesehatan.

Sementara, Guru sejarah SMAN 1 Sigaluh, Heni Purwono menjelaskan, peringatan Harkitnas ini sangat penting dalam memupuk nasionalisme.

Menurutnya, meskipun hanya simbolik, namun kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya bisa menjadi wahana untuk memupuk jiwa nasionalisme.

“Dalam setiap lagu seperti mantra, ada nilai yang sedang diwariskan melalui otak bawah sadar. Bahkan sebelum pandemi, tiap pagi siswa kita ajak menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam tiga stanza,” kata Heni.

Lebih lanjut, syair yang ada dalam lagu itu agar diresapi dan dihayati sehingga pada akhirnya ikut memengaruhi karakter siapa saja yang menyanyikannya.

“Dengan begitu, maka nasionalisme akan tumbuh dengan sendirinya” ujar Heni.

Selain menyanyikan secara langsung, kegiatan tersebut juga dipublikasikan di media sosial sekolah agar para siswa yang ada di rumah juga bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh para guru di sekolah. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *