18/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peringati Detik-detik Proklamasi, Sejumlah Pengendara Dihentikan dan Ambil Sikap Sempurna

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh kegiatan masyarakat dihentikan, termasuk di depan Mapolres Cilacap semua kendaraan yang lewat dihentikan oleh personil Polres Cilacap, Selasa (17/8/2021).

Hal tersebut dilakukan saat bunyi sirine kendaraan dinas Polri diikuti dengan bunyi lonceng didengungkan mulai pukul 10.17 WIB sampai dengan pukul 10.20 WIB sebagai bentuk penghormatan saat Bung Karno dan Bung Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1945.

Tampak terlihat seluruh kendaraan baik pribadi maupun umum seperti mobil, sepeda motor, sepeda maupun becak seluruhnya berhenti sejenak. Selain mematikan mesin kendaraan, juga mengambil sikap sempurna selama tiga menit.

Penghentian kendaraan oleh anggota Kepolisian dari Polres Cilacap tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di masyarakat.

Teks proklamasi yang dibacakan proklamator Republik Indonesia, yakni Sukarno tersebut diharapkan dapat membakar semangat warga maupun pengendara dalam mengimplementasikan kemerdekaan di kehidupan bermasyarakat.

Selanjutnya, para pengguna jalan dapat kembali melanjutkan perjalanannya usai beri tanda penghormatan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *