29/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peringatan Nuzulul Qur’an di Cilacap, Bupati Ajak Untuk Membaca Al-Quran

CILACAP (BANYUMAS POS) – Unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap bersama para Kepala OPD Kabupaten Cilacap menggelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 M di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Rabu (28/4/21).

Dalam peringatan Nuzulul Qur’an di Cilacap tersebut menghadirkan Ustad Eman Surya selaku Ketua MUI Kabupaten Banyumas sebagai penceramah.

Tampak hadir, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji bersama Wakil Bupati Samsul Auliya Rachman, Forkopimda Cilacap serta tamu undangan.

Kegiatan diawali pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dilanjutkan dengan penyerahan dana hibah kepada PD Muhammadiyah Kabupaten Cilacap sebesar 7,5 Milyar, PC NU Cilacap 8 Milyar.

Selanjutnya, Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Cilacap 100 Juta, lkatan persaudaraan haji lndonesia (IPHI) Cilacap 50 Juta dan Majelis Ulama lndonesia (MUI) Cilacap sebesar 100 Juta.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengatakan, momentum peringatan Nuzulul Qur’an ini diharapkan mampu mengingatkan kita agar senantiasa memegang teguh Al-Qur’an dan Sunnah Rosul, sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan kita.

“Sekaligus mengajarkan kepada kita untuk selalu pandai membaca tanda-tanda kehidupan yang kita jalani,” imbuhnya.

Menurutnya, Membaca adalah inti dan awal dari sebuah proses pembelajaran serta proses pencarian ilmu pengetahuan untuk menjadikan kehidupan seseorang lebih baik, di dunia maupun di akhirat.

“Kita ketahui bersama, bahwa Allah SWT ketika menurunkan ayat Al-Quran yang pertama kali, yakni perintah untuk membaca, tentu memiliki maksud dan tujuan bagi manusia,” ujarnya.

Selain itu, Bupati mengajak segenap kaum Muslimin dan Muslimat Kabupaten Cilacap untuk belajar Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan keimanan dan landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan bermasyarakat.

Karena hal tersebut telah dibuktikan kebesaran dan keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat yang maju dan bermartabat yang terus berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai landasan keimanan, landasan moral, dan perilaku.

Terkait kondusifitas diwilayahnya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Cilacap yang telah bekerjasama dalam menciptakan persatuan dan kesatuan.

Tentunya dengan semangat kebersamaan yang harmonis, sehingga kondisi berbagai bidang kehidupan di wilayah Kabupaten Cilacap dapat berjalan aman, damai, dan dinamis.

“Marilah kondisi yang sudah kondusif ini, kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya, demi suksesnya berbagai program pembangunan, yang disemangati dengan kebijakan “Bangga Mbangun Desa”, menuju Kabupaten Cilacap yang sejahtera secara merata,” ucapnya.

Diakhir peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 M diisi dengan Tausiyah oleh Ustad Mintaraga Eman Surya dengan mengangkat tema Meraih keutamaan Al Qur’an menuju Islam Rohmatan Lil Alamin.

Acara ini juga disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Jajaran Pemda, dan Satuan TNI, Polri di wilayah Kabupaten Cilacap. Selama acara peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 M, kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *