18/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peringatan HUT RI ke-76, Warga Jatisari Lakukan Doa Bersama 

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Warga RT 11 RW 03, Dukuh Jatisalam, Desa Jatisari, kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen menggelar doa bersama (Tahlil dan Tirakatan) dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8/2021) malam, bertempat di depan Poskamling.

Terlihat antusiasme para kaum ibu-ibu tengah membantu memasak. Sementara warga lainnya mempersiapkan tempat dengan bergotong-royong.

Ketua RT 11 RW 03, Sugeng Rohyadi saat ditemui wartawan menyampaikan, kegiatan terselenggara berkat adanya kekompakan serta usulan dari para warga yang sangat antusias dan mendukung adanya kegiatan tersebut.

Dia menambahkan, doa bersama dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun ini ditengah situasi pandemi Covid-19 dilakukan dengan harapan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan warga selalu diberi kesehatan.

“Terkait dana, murni dari jimpitan para warga RT 11 RW 03 yang dikumpulkan setiap malam bersamaan dengan ronda (POSKAMLING),” jelasnya.

Menanggapi tema HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021 ini yakni “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, dikatakan Sugeng, filosofi Indonesia Tangguh yaitu para pejuang pada jaman penjajahan saat berjuang dan berhasil merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan asing hanya menggunakan senjata bambu runcing.

“Artinya, kita saat ini tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 dan kita juga harus berhasil merebut kemerdekaan saat ini yaitu merdeka dari Covid-19 dengan senjata vaksin. Kita dukung Pemerintah dengan cara mengikuti vaksinasi dan tentunya selalu menerapkan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara, pengertian dari Indonesia Tumbuh artinya bangsa Indonesia setelah merdeka dapat tumbuh dengan baik mampu mengikuti perkembangan jaman dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Kepada generasi muda, khususnya di RT 11 RW 03, Sugeng berpesan agar selalu memupuk rasa persatuan dan menumbuh kembangkan jiwa patriotisme setia kepada NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Setiap Warga Negara Indonesia Wajib Berbela Negara,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dusun Jatisalam, Prio Sasongko mewakili Pemerintahan Desa mendukung terselenggaranya acara yang digelar oleh warga RT 11 RW 03 ini.

Tak lupa, ia menghimbau kepada warganya untuk selalu waspada mengingat adanya Covid-19, warga harus tetap mentaati Protokol kesehatan diantaranya mencuci tangan dengan sabun, menggunakan heand sanitizer, jaga jarak, menggunakan Masker dan menghindari kerumunan. Selain itu, juga mematuhi PPKM.

“Bangsa yang maju adalah bangsa yang mau menghormati sejarah dan jasa para pejuang pahlawan bangsa, hingga Bangsa Indonesia merdeka dari tangan penjajah, begitupun saat ini harus berusaha mewujudkan kemerdekaan di Indonesia yakni merdeka dari Covid-19,” pungkasnya. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *