12/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Peresmian Kantor LPPNU Dan Rumah Singgah Bumi Sehat Di Danakerta

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Untuk meningkatkan perekonomian di bidang pertanian dan kesehatan, Kantor LPPNU dan Yayasan Bumi Sehat diresmikan, Minggu (11/09/2021) di Kantor LPPNU Desa Danakerta.

Peresmian Kantor LPPNU dan rumah singgah Bumi Sehat ini dihadiri Ketua MWC NU, Ketua Muslimat, Ansor, Banser, Banom-banom NU juga dihadiri Ketua LPPNU Purbalingga, Gus Adam.

Ketua MWC NU Kecamatan Punggelan, Kyai Misbahul Munir mengapresiasi kepada LPPNU Punggelan. Ia mengatakan untuk sementara ini di pusatkan di Danakerta.

“Semoga dengan dibentuknya LPPNU ini bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Punggelan. Selain itu, bisa mengembangkan bidang pertanian, perikanan dan peternakan dan mampu menggali potensi-potensi lainnya yang bisa meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga bisa berjalan dengan istiqomah dan bisa membantu kepada warga masyarakat

Ketua LPPNU Punggelan, Wahidin menyampaikan program yang pertama yakni penjualan beras dengan harga dibawah pasaran, jadi lebih murah. Sistem pembayaran pun juga dapat dilakukan dengan cara barter.

“Misalnya ada masyarakat yang mau beli beras tapi tidak punya uang, namun punyanya hasil bumi yaitu kencur, jahe, lengkuas atau yang lainnya bisa melalui barter. Hal ini untuk memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Wahidin, pihaknya juga akan membantu memasarkan UMKM warga masyarakat yang mengalami kendala dalam hal pemasaran agar bisa lancar.

Wahidin berharap adanya dukungan baik dari MWC NU, PC NU, PW NU dan PP NU. Menurutnya, jika ada dukungan maupun support dari berbagai pihak, lembaga ini kedepan akan maju.

“Kami benar-benar membutuhkan dukungan dan bimbinganya. Dalam hal ini kami menggadeng Yayasan Bumi Sehat yang bergerak di bidang kesehatan dengan harapan jika ada anggota LPPNU sakit atau yang lainnya bisa membantu pengobatannya baik medis atau non medis,” tuturnya.

Sementara, Ketua Yayasan Bumi Sehat, Nur Sholeh mengatakan, program ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan menggali nilai-nilai ekonomi yang bisa di manfaatkan dari petani.

“Tentunya juga bisa membantu petani untuk pemasaran hasil taninya sehingga petani tidak kesusahan dalam pemasaran hasil taninya,” imbuhnya.

Lanjut Nur Sholeh, hasil dari penjualan ini, 10 persen untuk kemajuan organisasi NU. “Kalau warga NU membeli prodak dari LPPNU, artinya itu sudah sama menyumbang NU untuk berdakwah dalam mengembankan Agama Islam,” ujarnya.

Ia berharap LPPNU ini bisa lebih maju dan berhasil dalam membantu ekonomi masyarakat.

“Bukan cuman ekonominya saja, melainkan juga dari bidang kesehatan kita pikirkan, karena organisasi bisa berjalan lancar jika tiga pilar berjalan yaitu, Pendidikan, Ekonomi Dan Kesehatan,” katanya.

Nur menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu masyarakat yang membutuhkan dan siap antar jemput pasien yang mau berobat ke Rumah Sakit, Yayasan Bumi Sehat yang telah bermitra dengan RSI dan RSU Hidayah.

Diketahui, Yayasan Bumi Sehat akan membangun Rumah Singgah untuk tempat pengobatan gratis baik medis dan non medis. Untuk non medis antara lain, Bekam, Ruqiyah, Pijat Reflexi dan lain-lain.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah banyak membantu pergerakan kita dibidang kesehatan hingga mencapai 15 tahun. Kami tetap bisa berjalan walaupun terkendala sarana dan prasarana. Itu semua berkat dukungan semua pihak,” pungkasnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *