26/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Percasi Kabupaten Cilacap Periode 2021-2025 Dikukuhkan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Cilacap dikukuhkan. Pelantikan pengurus Percasi masa bakti 2021-2025 dibarengi dengan seleksi atlit catur yang akan maju pada Porprov tahun 2022.

Pelantikan ditandai dengan pemberian panji Percasi dari Ketua Percasi Provinsi Jateng, Handoyo Kepada Ketua Percasi Kabupaten Cilacap terpilih, Tribowo Sudirohardjo pada Minggu, (26/9) di gedung Jalabumi komplek Setda Cilacap disaksikan Ketua KONI Kabupaten Cilacap, Bambang Sri Wahono.

Ketua Percasi Kabupaten Cilacap, Tribowo Sudirohardjo saat ditemui usai acara mengatakan, bahwa pihaknya akan mencari bibit Percasi yunior, atlit atlit yunior, karena saat ini dirinya Ketua di Cilacap.

“Saya ingin Percasi Kabupaten Cilacap menorehkan prestasi paling tidak di Jawa Tengah, Nasional, bahkan Asia. Itu merupakan obsesi kami,” ucapnya.

Lanjut Tribowo, tugas kami bersama Disporapar Kabupaten Cilacap bagaimana menjaring atlit atlit yang masih muda, meski catur sebuah cabang olahraga yang kurang populer di milenial.

“Kami akan berjuang dan berusaha agar catur disenangi kaum milenial dan anak anak muda, karena tidak filosofinya catur adalah olahraga berfikir dan adu strategi, oleh karena itu biasanya orang yang pandai catur pandai strateginya,” ungkapnya.

Handoyo, Ketua Percasi Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa dirinya sebagai Ketua Umum Jawa Tengah, namun tinggal di Cilacap, sehingga tahu persis perjalanan catur di Cilacap.

“Walau saya bukan pengurus Cilacap, tapi saya juga masih punya sekolah catur yang dipimpin oleh Sekretaris Pengcab yang baru,” tandasnya.

Catur di kalangan anak sekolah, menurutnya memang beberapa tahun ini mengalami kemundurun karena tidak adanya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

“Kita sudah banyak melakukan upaya sampai ke tingkat kementrian, jadi bukan di Propinsi kita bergerak tapi juga di pusat, namun sampai sekarang belum diadakan lagi,” katanya.

Dia menyampaikan, bahwa dulu ada, sehingga bisa memancing anak sekolah untuk bergairah, dan berprestasi melalui O2SN.

“Saya optimis Cilacap akan berprestasi dengan sinergitas pengurus yang baru,” tegasnya.

Sementara, Ketua KONI Kabupaten Cilacap, Bambang Sri Wahono mengatakan, bahwa KONI Cilacap akan memberikan insetif bulanan kepada atlit yang memperoleh medali emas.

“Jika ada atlit yang mau pindah kita upayakan agar bisa bekerja di Cilacap, namun bila memang karena keadaan harus pindah, maka KONI Cilacap akan mengadakan pemblokiran ke Disdukcapil, Kalau mau pindah, harus ijin KONI Cilacap,” tegasnya.

Bagi Pelatih yang atlitnya dapat emas, menurutnya KONI juga akan memberikan insentif bulanan. Olahraga Catur di KONI pernah meraih medali, seperti tahun kemarin, maka olahraga Catur harus kita kembangkan.

“Untuk Porprov, Catur di Cilacap sudah tingkat nasional, dan KONI siap membiayai untuk program pengembangan Catur di Cilacap. Sedangkan untuk PON, kita mengirimkan tiga cabang olahraga,” pungkas Bambang.

Usai pelantikan Pengurus Percasi yang baru dilanjutkan dengan pertandingan Catur agar memperoleh bibit yang baru untuk maju mewakili Cilacap di Porprov. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *