09/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Perayaan Kelulusan SMPN 6 Cilacap Dilaksanakan Sederhana, Namun Penuh Makna

CILACAP (BANYUMAS POS) – Masih tingginya angka Covid-19 di Kabupaten Cilacap pascalebaran, menjadikan perayaan kelulusan SMPN 6 Cilacap dihelat dengan sederhana, namun penuh makna. Kegiatan kelulusan dilaksanakan dengan blended, daring dan luring, Selasa (8/6/2021).

Seluruh siswa mengikuti kelulusan menggunakan googlemeet dari rumah, sementara guru dan juga beberapa siswa dengan prestasi terbaik melaksanakan luring di sekolah.

Koordinator kegiatan, Isnaeni Sumiarsih mengatakan, perayaan kelulusan tetap dilaksanakan karena merupakan momen terakhir siswa bersama sekolah, namun tetap memilih pola blended, mengingat kondisi Covid-19 di Cilacap.

“Kita patuh pada Prokes dan juga melihat situasi terkini. Ini juga bentuk empati terhadap Nakes yang saat ini terus berjuang melawan Covid-19 di Cilacap,” jelasnya.

Isnaeni menambahkan, bagi siswa dengan prestasi terbaik, mereka diberi hadiah berupa pena. Menurutnya, meskipun berupa alat kecil dan sederhana, namun pena memiliki kekuatan yang luar biasa.

“Kalau kita belajar sejarah, para pendiri bangsa juga banyak melakukan perubahan dengan kekuatan pena. Mereka awalnya melawan penjajahan dengan tulisan. Kami berharap filosofi ini dipegang oleh para lulusan kami,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMPN 6 Cilacap, Anteng Widiastuti mengatakan, para lulusan sekolahnya diharapkan mampu terus menggoreskan pena prestasi di sekolah yang lebih tinggi.

Anteng berpesan kepada anak didik agar apa yang sudah baik dan dicapai di SMPN 6 ini dapat dilanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Sekarang sistem zonasi. Di manapun sekolahnya, sama saja. Yang penting ada upaya untuk berprestasi, peluangnya akan sama karena tidak ada lagi sekolah favorit. Semua siswa punya kesempatan sama untuk berprestasi,” tandasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *