14/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0709/Kebumen

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang menyerahkan hasil TMMD Sengkuyung III TA. 2021 kepada Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto, Kamis (14/10).

Penyerahan Hasil TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2021 Kodim 0709/Kebumen dengan tema ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’ ini dipimpin langsung Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang.

Dalam sambutannya, Dandim 0709/Kebumen menyampaikan bahwa TMMD merupakan Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK, Pemerintah daerah serta komponen masyarakat sebagai perwujudan komitmen moral TNI dan Pemerintah kepada Rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Sesuai dengan tema kita kali ini ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’, merupakan upaya untuk membantu percepatan pembangunan di daerah demi tercapainya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Program TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program Pemerintah pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan berbagai infrastruktur pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

“Dibutuhkan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan termasuk TNI dan Masyarakatnya,” tegasnya.

Selama TMMD, para prajurit selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan, sehingga TMMD dapat berjalan sesuai target yang diharapkan.

TMMD Sekuyung tahap III di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, telah dilaksanakan selama 30 hari sejak tanggal 15 September hingga 14 Oktober 2021.

“TMMD menghasilkan edukasi bagi warga untuk menjunjung tinggi kebersamaan dan semangat gotong royong, dan sasaran fisik berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 865,37 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,15 meter sudah selesai 100 persen, Kemudian untuk Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit, juga selesai 100 persen,” jelas Dandim.

Adapun sasaran non fisik yang berupa pembekalan praktis maupun masalah sosial kemasyarakatan, kejuangan, bela negara dan wawasan kebangsaan, benar-benar dapat dijangkau dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta tumbuhnya rasa cinta tanah Air.

Sementara, Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto mengatakan, kegiatan TMMD sengkuyung tahap III ini merupakan tahap terakhir di tahun 2021 dan sudah selesai dilaksanakan.

“Kegiatan TMMD ini bagaimana TNI betul-betul manunggal dengan rakyat membuat prasarana jalan yang pastinya adalah berkat keuletan dari pada para Babinsa betul-betul turun ke bawah melihat kondisi di lapangan,” ujar Bupati.

Kegiatan-kegiatan lain dari Kodim 0709/Kebumen berupa pembekalan praktis maupun masalah sosial kemasyarakatan, kejuangan, bela negara dan wawasan kebangsaan benar-benar dapat dijangkau.

“Pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan adanya kerja sama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Pemda, Pemdes, maupun masyarakat,” kata Bupati.

Dalam kegiatan TMMD, Kodim 0709/Kebumen juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Desa Setrojenar terutama generasi muda agar menghindari Narkoba serta paham radikalisme.

Menurut Bupati, Bangsa yang hebat dan kuat adalah bangsa yang didalamnya para pemimpin daerahnya bersinergi untuk mewujudkan Kebumen yang ‘Semarak’ sesuai Visi dan Misi Bupati Kebumen.

“Alhamdulillah berkat sinergitas yang cukup tinggi antara Pemda dan Kodim 0709/Kebumen beserta seluruh komponen maupun instansi terkait TMMD sengkuyung tahap 3 tahun anggaran 2021 dinyatakan ditutup,” tuturnya.

Arif menjelaskan, untuk pekerjaan tepat waktu, jalan rabat beton juga selesai dan RTLH sebanyak 5 unit juga selesai. Semoga program TMMD ini bisa mewujudkan Manunggal TNI dengan rakyat secara terus-menerus dalam rangka membantu percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan.

Bupati berharap semoga sangat bermanfaat kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan lain sebagainya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Kebumen, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI di Kebumen,” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa program TMMD berjalan cukup baik di Desa Setrojenar. Ini menunjukkan bahwa percepatan pembangunan kita ini cukup baik sehingga masyarakat juga menerima manfaatnya.

Lanjut Bupati, tentunya Pemerintah Kabupaten bisa membangun di daerah tersebut menjadi kurang atau pun menjadi daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau, tapi mampu untuk mewujudkannya.

“Di Tahun 2022 nanti ini, selain 3 kali pun kita juga akan tambah 5 kali kegiatan dalam bentuk karya Bhakti Manunggal. Jadi dalam satu tahun ini bisa 8 kali kegiatan. Tujuannya untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Kebumen,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *