18/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pendidikan Prajurit Komando Angkatan 105 di Cilacap Resmi Ditutup Danjen Kopassus

CILACAP (BANYUMAS POS) – Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menutup Pendidikan Prajurit Komando Angkatan 105 TA 2021 di Cilacap. Penutupan dilakukan dengan upacara yang dipimpin Danjen Kopassus di Pantai Permisan Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (18/8/2021).

Dalam sambutanya, Danjen Kopassus, Mayjen TNI Muhamad Hasan mengucapkan selamat kepada para prajurit yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Komando selama tujuh bulan dengan baik.

“Semoga kualifikasi Brevet Komando yang telah kalian sandang dan janji Prajurit komando yang kalian ikrarkan, dapat mendorong dan memotivasi kalian untuk siap mengabdikan diri di satuan pasukan khusus,” kata Danjen Kopassus.

Lanjutnya, perlu disadari bahwa selama tujuh bulan menempuh Pendidikan Komando yang merupakan Dikbangspes di TNI AD, apa yang didapatkan ini sudah cukup untuk bekal menjadi anggota Pasukan Khusus.

“Pendidikan komando yang di desain berbeda dengan Pendidikan yang lain dari berbagai segi baik fisik, mental maupun materi yang diajarkan,” tandasnya.

Danjen Kopassus menekankan agar terus memelihara kemampuan serta jangan lupa selalu menjunjung tinggi dan mempertahankan derajat, nama, kehormatan dan jiwa kesatuan Para Komando pada setiap saat, tempat dan keadaan bagaimanapun.

Pendidikan Komando yang telah dilaksanakan terbagi dari 3 tahap yaitu tahap basis gunung, hutan dan tahap rawa Laut merupakan media latihan dengan materi teknik dan taktik pasukan khusus, yang tidak mudah untuk dilalui.

“Selama tahap basis kalian telah dibekali ilmu ilmu dasar Prajurit Komando maupun secara perorangan, kelompok maupun hubungan intim sehingga mampu membentuk karakter Prajurit Komando sejati,” terangnya

Penutupan pendidikan prajurit komando diawali dengan demonstrasi serangan regu komando dilanjutkan serangan fajar yang melibatkan peserta pendidikan komando angkatan 105 kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan.

Tampak hadir, Danpusdiklatpassus Kopassus, Brigjen TNI Thevi A. Zebua, para Asisten Kopassus, Danpusdiklat Paskhas, Kolonel Pas. Solihin, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo dan Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi.

Adapun Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi, unsur Forkompimda Kabupaten Cilacap, Tim Management Pertamina RU IV Cilacap serta Kalapas Kelas I Batu Nusakambangan, Jalu Yuswo Panjang.

Upacara penutupan ditandai dengan penanggalan tanda siswa, pemasangan baret merah, penyematan brivet komando, pemasangan pisau komando, pengalungan medali, penerimaan ijazah kepada perwakilan dilanjutkan pembacaan janji prajurit komando yang diikuti seluruh mantan siswa.

Sebagai lulusan siswa terbaik pendidikan Komando Angkatan 105 yakni Lettu inf Aryana Chandra sebagai lulusan perwira terbaik, Serda Abubakar sebagai Bintara terbaik dan Prada Nazarudin Syam sebagai lulusan Tamtama terbaik.

Pelaksanaan upacara penutupan pendidikan prajurit Komando tetap menerapkan Protokol kesehatan dan tidak mengundang orangtua. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *