16/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kebumen 2021-2026

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – DPRD Kabupaten Kebumen menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kebumen tahun 2021-2026, di ruang rapat paripurna DPRD Kebumen, Jumat 26/4/2021

Dalam kesempatannya, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyampaikan Visi Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026 yaitu “Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat.

Pencapaian Visi Daerah dilaksanakan melalui 5 misi antara lain, Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsif serta penerapan e-gov dan open-gov terintegrasi,
peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya.

Selain itu, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pengembangan potensi sumber daya alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasiskan agrobisnis dan ekonomi kerakyatan, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta mewujudkan masyarakat yang rukun, berbudaya dan bermartabat.

28 program unggulan daerah Tahun 2021-2026 dalam rangka pencapaian Visi Misi Daerah yakni program unggulan pada Misi 1 meliputi, peningkatan tata kelola Pemerintahan yang baik yaitu pelayanan birokrasi, kemudahan layanan administrasi kependudukan melalui GO-LAK dan satu data untuk semua yaitu integrasi data kependudukan sebagai dasar penentuan sasaran program pemerintah melalui Kartu Kebumen Sejahtera.

Kemudian optimalisasi e-Government untuk penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel dan peningkatan mutu pelayanan publik melalui “KERISPATIH” dan “TARIYAN”. Meningkatkan keterbukaan informasi publik termasuk anggaran pemerintah daerah melalui festival anggaran dan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan SDM aparatur Pemerintahan.

Untuk program unggulan pada Misi 2 meliputi, peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya yaitu peningkatan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses pendidikan bagi keluarga miskin, siswa berkebutuhan khusus termasuk pendidikan non formal/keagamaan/ pondok pesantren melalui “SIS SUSANA” dan penguatan sekolah inklusi dan “BASUH”.

Adapun, peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan tidak tetap (GTT/PTT) PAUD, TK, SD, dan SMP melalui program “SIRUP”, peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan derajat kesehatan melalui peningkatan kualitas dan akses pelayanan kesehatan dasar melalui program “BUMEN SEHATI”, “SIBUSAH” dan Jaminan Kesehatan bagi masyarakat miskin.

Program unggulan pada Misi 3 ini mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pengembangan potensi Sumber Daya Alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasiskan agrobisnis dan ekonomi kerakyatan yaitu pengembangan kreativitas dan ketrampilan tenaga kerja muda untuk menekan pengangguran melalui program inkubasi wirausaha (SI DAWIR) melalui program kebumen ekonomi handal.

Selanjutnya, mendorong kegiatan perekonomian Desa melalui peningkatan program “DESMELI” dan “KAPOK PAK EKO” . Peningkatan daya saing ekonomi daerah melalui subsidi bunga, bantuan modal dan bantuan belanja bahan produksi dan alat produksi serta pengembangan jejaring pemasaran melalui “ANDALAN PAS” dan “KUMPUL BAKUL”, peningkatan produksi pertanian melalui program “TANI MULYO”, gerakan cinta produk kebumen melalui “DEMEN MBUMEN” dan pengembangan potensi lokal perikanan darat, perikanan tangkap dan kampung garam.

Program unggulan pada Misi 4 yakni peningkatan kualitas dan kuwantitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yaitu pembangunan, pemeliharaan dan rehabilitasi jalan mendukung peningkatan akses perekonomian dan pelayanan dasar masyarakat melalui program “JAMU SEGER”. Pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi guna meningkatkan produktivitas pertanian melalui program “BANYU MILI” serta konservasi lingkungan dengan program “Nandur Wit Nggo Anak Putu”.

Terakhir program unggulan pada Misi 5 yakni peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yaitu program bantuan tempat ibadah dan guru ngaji/TPQ melalui program “TUPAT RUJI”, program membumikan dan promosi seni budaya khas Kebumen melalui program “MESIN SERBU”.

Pembahasan raperda RPJMD ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen RPJMD yang semakin baik, dan membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadi arah bagi pembangunan Kabupaten Kebumen.

Adapun program 5 tahun ke depan antara lain, peningkatan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai upaya pemulihan pasca pandemi pada sektor primer, sektor sekunder dan tersier dalam upaya percepatan penangulangan kemiskinan.

Kemudian pembuatan pelayanan rujukan terpadu dan terintegrasi sehingga perangkat daerah tidak hanya menampung keluhan masyarakat, namun juga harus responsif dalam menindaklanjuti keluhan tersebut.

Visi misi daerah akan tercapai jika terbangun sinergitas, aksi kolaborasi dan satu tujuan yang sama demi Kebumen yang semakin sejahtera.

Nota kesepakatan Bupati dan DPRD Kebumen terkait rancangan awal RPJMD Kabupaten Kebumen tahun 2021-2026 sudah sepaham. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *