02/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Penanaman 1200 Pohon Palaka di Desa Bunton

CILACAP (BANYUMAS POS) – Forkopimcam Adipala bersama Mahasiswa Ighopala Cilacap dengan dibantu warga masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman pohon Palaka di area pesisir pantai yang berdekatan langsung dengan PLTU Bunton, Jumat (02/04/2021).

Kegiatan dilakukan di Dusun Bleberan, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap dengan menanam pohon Palaka sebanyak 1200 pohon di pimpin Danramil 08/Adipala, Kapten Inf Kadisan.

Sebelumnya, kegiatan ini juga telah dilakukan di lokasi wisata cemara sewu di Desa Bunton penanaman pohon Baringgtonia asiatica (Butun) sebanyak 1200 pohon.

Danramil 08/Adipala, Kapten Inf Kadisan saat ditemui mengatakan, kegiatan ini merupakan program dan komitmen dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Letjen TNI Doni Monardo sebagai upaya melestarikan penghijauan.

“Penanaman pohon ini bertujuan untuk menanggulangi debu dari PLTU dan sebagai paru-paru udara sehingga warga masyarakat sekitar dapat hidup nyaman dan debu tidak akan masuk ke rumah warga,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya ini sangat bermanfaat juga bagi ana cucu sehingga mereka nantinya dapat hidup dengan aman dan sehat tanpa adanya polusi udara yang ditimbulkan dari PLTU.

Danramil menyambut baik hal ini dan tidak memandang dari mana ini, yang jelas masyarakat butuh penghijauan kerjasama TNI-Polri dengan Forkompincam, warga masyarkat Dusun Bleberan dan pihak PLTU.

“Ini sangat Luar biasa dan saya menghimbau kepada seluruh elemen baik warga masyarakat sekitar maupun yang lain agar bersama-sama merawat serta menjaga pohon palaka dengan baik guna kelestarian lingkungan,” kata Danramil.

Kedepan, akan dibentuk tim khusus yang bertugas menangani penghijauan disepanjang pantai mulai dari Teluk Penyu hingga perbatasan Kebumen dan akan dikoordinir oleh pihak Forkompimcam di masing-masing wilayah.

Sementara, Camat Adipala, Teguh Prastowo mengapresiasi dan merasa bangga karena diwilayah Kecamatan Adipala terdapat 3 titik penanaman yang dinilai sangat bermanfaat bagi warga masyarakatnya.

“Harapan saya warga masyarakat dapat hidup sehat dengan adanya penghijauan dan tentunya menjadikan pariwisata lebih bagus guna mendorong perekonomian warga agar semakin sejahtera sehingga program “Bangga Mbangun Desa” tetap berjalan,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *