10/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pemkab Kebumen Luncurkan Aplikasi Si Elok Manja Untuk Jabatan Fungsional

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Adanya penghapusan Jabatan Eselon IV menjadi jabatan fungsional dalam penyederhanaan birokasi, Pemkab Kebumen menyiapkan berbagai inovasi. Salah satunya dengan meluncurkan Si Elok Manja atau Sistem Elektronik Manajemen Jabatan Fungsional.

Aplikasi ini secara resmi di Launching oleh Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (9/6/2021).

Tampak hadir, Sekretaris Daerah Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono, Plt Asisten l, Edi Riyanto, Kepala BKPPD, Asep Nurdiana dan Kepala Bidang Mutasi BKPPD, Mercy Christiawan.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Wakil Bupati menyampaikan, peralihan jabatan eselon IV menjadi jabatan fungsional, maka dituntut adanya peningkatkan kompetensi dan prestasi kerja.

Dia menambahkan, untuk itu, identifikasi kompetensi yang cocok dengan jabatan fungsional yang akan dibebankan kepada ASN sangat penting dilakukan.

“Sehingga ASN dalam menjalankan tugas dan kewajibannya berdasarkan keahliannya bukan sekadarnya mengikuti perubahan aturan,’’ kata Wakil Bupati.

Lebih lanjut, pelayanan administrasi dan pengelolaan karir jabatan fungsional masih terdapat sejumlah permasalahan, salah satunya belum efektif dan efisiensinya pelayanan administrasi dan pengelolaan karir jabatan fungsional.

“Untuk itu saya menyambut baik inovasi Sistem Elektronik Manajemen Jabatan Fungsional atau Si Elok Manja, sebagai solusi mengatasi permasalahan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi BKPPD, Mercy Christiawan mengatakan, manfaat dari aplikasi Si Elok Manja antara lain mendukung upaya reformasi birokrasi dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas.

Selain itu, mampu untuk meningkatkan persepsi positif jabatan fungsional dan membangun integritas organisasi serta perbaikan kualitas pelayanan publik.

Sedangkan untuk OPD, Si Elok Manja akan mempermudah dalam pengusulan administrasi tanpa menunggu waktu lama untuk mendapatkan pelayanan dan pengembangan karir jabatan fungsional.

Kemudian untuk jabatan fungsional itu sendiri, aplikasi ini juga akan mempermudah proses administrasi jabatan dan memperlancar perkembangan karir.

“Keberhasilan sistem Si Elok Manja tentu butuh dukungan dari semua stakeholder,” pungkasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *