18/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pemkab Cilacap Monitoring Jogo Tonggo & Sosialisasi Prokes

CILACAP (BANYUMAS POS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap monitoring pelaksanaan kegiatan ‘New Jogo Tonggo’ dan sosialisasi Protokol Kesehatan (Prokes) kepada masyarakat.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah terlaksananya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan pengoptimalan Pos Komando Penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Cilacap.

Selain itu untuk meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin untuk ikut serta mensukseskan vaksinasi program Covid- 19 di Kabupaten Cilacap

Monitoring dipimpin Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji Kamis, (18/11) di pendopo Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap yang diikuti sekitar 75 orang.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Kasdim 0703/Cilacap, Mayor lnf Abdul Asis Lallo, Kasatbinmas Polres Cilacap, Iptu Setyo Nugroho, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, Hendri Tobing dan Asisten l Setda Cilacap, Dian Setyabudi.

Juga, Asisten ll Setda Cilacap, H. Wasi Aryadi, Kakesbangpol, Sutaryo, Kasatpol PP, Luhur Satrio Muchsin, Kadinkes dr. Pramesti Griyana Dewi, dan Kepala BPBD Cilacap, Wijonardi

Hadir pula, Camat Cilacap Selatan, Bintang Cahyono, Kapolsek Cilacap Selatan, AKP R. Gunung Krido Wahono, Lurah dan Ketua RW se-Kecamatan Cilacap Selatan.

Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi penanganan Covid 19 dan Jogo Tonggo ini sangat strategis.

Ini, lanjut Bupati, dibuktikan pada waktu membludaknya pasien yang terpapar Covid-19 dengan adanya tempat isolasi terpusat dan mandiri yang ada di tiap Kelurahan bisa sebagai tempat alternatif mengingat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit sudah penuh.

“Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini dengan mencapai level 2, dan kita berusaha masuk level 1. Jangan sampai kita lepas dengan pelonggaran prokes, sehingga akan membawa akibat lonjakan angka lagi, semuanya harus melalui prokes yang ketat,” ujarnya.

Bupati menambahkan, menghadapi Tahun Baru, ia selaku Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Cilacap akan memantau langsung pelaksanaan Jogo Tonggo dan nantinya pada waktu pelaksanaan di butuhkan keterlibatan semua pihak dengan tujuan agar Cilacap terbebas dari Covid 19.

“Tujuan dari Jogo Tonggo ini adalah kita berperang dengan Covid 19 serta memulihkan perekonomian masyarakat, untuk itu agar di percepat Vaksinasi di Kab Cilacap untuk kita menuju level 1,” jelasnya.

Sementara, Camat Cilacap Selatan, Bintang Cahyono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya penanganan Covid-19, dan pelaksanaan Jogo Tonggo di Kecamatan Selatan.

“Kegiatan Jogo Tonggo yang kami laksanakan ini sebagai upaya dalam melakukan penanganan Covid-19, dan persiapan menghadapi Pam Natal dan Tahun Baru 2022,” ucapnya.

Kasatbinmas Polres Cilacap, Iptu Setyo Nugroho dalam pemaparannya menjelaskan terkait laporan harian Covid-19 Kabupaten Cilacap per 17 November 2021 bahwa total Konfirmasi sebanyak 29.578, sembuh 27.716, dan meninggal sebanyak 1.853.

“Untuk perkembangan vaksinasi di Kabupaten Cilacap yakni jumlah vaksin yang di terima sebanyak 1.663.462, dan jumlah vaksin yang sudah digunakan sebanyak 1.409.648 dari target sebanyak 3.065.234 vaksin. Sedangkan tempat isolasi sebanyak 23, dan yang sudah terisi, 3,” ungkapnya.

Pelaksanaan Monitoring Jogo Tonggo yang dipandu Kasatpol PP, dan Camat Cilacap Selatan dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi Masker di Jalan Bromo Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *