25/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pemdes Pelumutan Panen Raya Padi Demplot, Dukung Ketersediaan Pangan

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Pelumutan, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) melaksanakan panen raya padi jenis padi IR 64 di lahan seluas 1 Hektar.

Panen raya yang dilaksanakan Selasa, (24/08) merupakan program demplot ketahanan pangan Dinpertan Kabupaten Purbalingga dengan tema ‘SMURP’ yang adaptif melalui ketahanan pangan di wilayah pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Dipertan Purbalingga, Mukhodam mengatakan, bahwa panen raya ini untuk mensukseskan program pemerintah dalam menyediakan kebutuhan pangan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Purbalingga.

“Panen raya ini untuk memacu daerah dan petani untuk memprioritaskan peningkatan produksi serta ketersediaan pangan, walaupun di masa pandemi Covid-19, agar bahan pangan meningkat demi pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pertanian merupakan sektor yang mampu menunjukkan kinerjanya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Kita akan terus membangun konsolidasi bersama semua pihak untuk bahu membahu memajukan sektor pertanian dengan penerapan teknologi pertanian yang modern dan di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Mukhodam menghimbau agar tidak boleh terlena dengan kondisi saat ini. Tetap waspada dan berhati hati dalam menjaga kesehatan badan.

“Kita juga harus tetap beraktifitas, tentunya dengan melaksanakan himbauan Pemerintah dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Pelumutan, Gendroyono mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program pengembangan pertanian. Ini sangat membantu upaya Pemerintah Daerah dalam mendorong produktivitas pertanian.

“Hal ini dapat meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Gendroyono menyampaikan, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu penyangga pangan nasional, oleh sebab itu kita harus mendorong para petani kita untuk meningkatkan hasil.

Menurutnya, ini untuk mendukung ketahanan pangan khususnya padi, agar kita tidak lagi mengimport beras dari luar negeri.

“Kita semua bisa menjadi pahlawan yaitu di bidang ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh warga ditengah tengah wabah Covid-19 yang saat ini telah berkembang di mana-mana,” ucapnya.

Kabupaten Purbalingga sendiri siap mendukung cadangan pangan di Jawa Tengah serta Ketahanan Pangan Nasional.

“Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang telah memanfaatkan lahan ini dalam program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pertanian untuk ditanami padi dan berbagai macam sayur-sayuran,” pungkasnya.

Lanjut Gendroyono, yang jelas berguna bagi masyarakat, semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk bisa mengolah lahan di sekitarnya menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *