17/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pemdes Dondong Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-76, Ini Pesan Kades

CILACAP (BANYUMAS POS) – Pemerintah Desa Dondong, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menggelar upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021 di halaman Kantor Balai Desa Dondong, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara dipimpin Kepala Desa Dondong, Suratman, bertindak sebagai Inspektur Upacara diikuti peserta upacara yakni Perangkat Desa dan lainnya. Sementara petugas upacara dari pemuda karang taruna setempat.

Lebih lanjut, upacara dilakukan dengan menerapkan Protokol kesehatan ketat. Jumlah peserta upacara pun dibatasi. Seluruh peserta memakai masker serta menjaga jarak antar peserta upacara.

Dalam pidatonya, Suratman menyampaikan, peringatan HUT RI ke-76 tahun ini menjadi peringatan penting yang akan selalu diingat. Sebab, sudah dua tahun masyarakat berjuang bersama melawan virus Covid-19.

“Peserta upacara yang saya banggakan, sudah banyak saudara kita, sahabat kita, teman baik kita telah gugur karena Covid-19, semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Perjuangan melawan covid-19 ini belum selesai,” tuturnya.

Lanjut Suratman, secara fisik, kemerdekaan bangsa ini telah diakui dunia. Republik Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berdaulat. Namun, ada hal lain yang perlu dipahami masyarakat, bahwa penjajahan sekarang lebih mengarah kepada mental. Di sisi lain, cita-cita kemerdekaan belum tercapai.

“Maka dari itu mari kita gerakan untuk menghidupkan kembali semangat sebagai syarat utama dalam merumuskan cita-cita kemerdekaan,” ujar Suratman.

Di akhir pidatonya, Suratman mengajak semua pihak kembali menjalin tali persatuan yang telah putus lantaran perbedaan pendapat. Bangsa ini tidak bisa kuat jika tidak ada kesatuan yang erat.

“Pada momentum peringatan kemerdekaan ke 76 RI ini, mari kita curahkan hati, tenaga, dan pikiran, dengan niat untuk memberikan yang terbaik untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesannya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *