12/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Babinsa Gandrungmangu Beri Pembinaan Anggota Linmas

CILACAP (BANYUMAS POS) – Koramil 10/Gandrungmangu bersama Polsek Gandrungmangu melaksanakan pembinaan anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) di Pendopo Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Senin (12/4/2021).

Pembinaan tersebut dilakukan oleh Danramil 10/Gandrungmangu diwakili Bati Tuud, Peltu Kharis Wahyudi dan Polsek Gandrungmangu diwakili Pelda Kusento didampingi Camat Gandrungmangu, Yani Yustiantha dan diikuti 70 orang anggota Linmas perwakilan dari 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Gandrungmangu.

Camat Gandrungmangu, Yani Yustiantha mengatakan materi yang disampaikan dalam pembinaan tersebut antara lain tentang Kedisiplinan, Peran Linmas dalam upaya Kamtibmas, penanggulangan bencana alam dan Peran Serta Linmas dalam masa pandemi Covid-19, serta materi Peraturan Baris- berbaris (PBB).

“Selain itu, juga akan diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan lainnya. Pembekalan dan pelatihan Linmas ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing Desa,” jelasnya.

Dalam kesempatannya, Bhabinkamtibmas Polsek Gandrungmangu menjelaskan tentang garis besar tugas Linmas dalam membantu penanggulangan bencana, penanganan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Di sela-sela acara, Pelda Kharis Wahyudi mengatakan, selain membantu aparat keamanan, Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara.

“Kedisiplinan inilah modal pokok dalam keberhasilan dalam melaksanakan tugas ataupun kegiatan lainnya dan itu harus dimiliki oleh anggota Linmas,” tegasnya.

Selain itu, pembinaan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Linmas dan memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban para Linmas dalam menjaga keamanan di lingkungannya dengan harapan anggota Linmas selalu waspada terhadap perkembangan situasi di lingkungannya.

“Pembinaan Linmas ini juga merupakan salah satu kegiatan pembinaan perlawan wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” jelas Wahyudi.

“Dengan pembinaan ini, anggota Linmas di wilayahnya diharapkan bisa menambah kemampuan dan pengetahuannya sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranannya,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, seluruh anggota Linmas diberi pembekalan materi Baris berbaris, metode praktek langsung berupa gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) terdiri dari lencang kanan, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat serta gerakan berjalan atau berpindah tempat. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *