04/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pelatihan Kepemimpinan Dasar PAC GP Ansor Kecamatan Rembang Di Desa Bantarbarang

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Dengan penuh semangat, para sahabat Ansor di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga pada hari sabtu (3/4/2021) mengelar pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Desa Bantarbarang.

Ketua PC GP Ansor Purbalingga, Wagino Abdul Manaf, mengatakan PKD yang ke-4 di gelar di Kecamatan Rembang dan kegiatan PKD kali tidak semeriah dari PKD sebelumnya, karena mengingat dan menimbang masih di dalam masa pandemi.

“Kami tegaskan kepada semua pemuda Ansor kalau mau mengikuti Diklatsar Banser itu harus sudah mengikuti PKD. Untuk memastikan sudah mengikuti PKD atau belum akan dibuktikan dengan sertifikat hasil dari mengikuti PKD,” tegasnya.

Pemuda Ansor harus mengikuti PKD terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan dalam Diklatsar dan benar-benar Ansor. Selain itu, untuk mengantisipasi dan berhati-hati akan banyaknya oknum yang mengaku Ansor setelah jadi Banser sehingga merusak nama baik Banser.

“Tujuan pelatihan ini untuk menjadikan pemuda yang militan dan mengerti kebangsaan, ke aswajaan, serta sosial kemanusiaan yang lebih tinggi hingga tidak akan merusak kedaulatan bangsanya sendiri, dan akan tetap menjujung tinggi agama tidak akan berbuat anarkis, intoleran dan ujaran kebencian,” jelas Wagino.

PC GP Ansor Purbalingga sendiri menolak keras ajaran radikalisme, terorisme dan intoleran serta mengutuk kepada pelaku bom bunuh diri dan teroris yang menyerang Mabes Polri lalu.

Sementara, Ketua PAC GP Ansor sekaligus Ketua panitia penyelenggara PKD, Amin Safa’at mengatakan, dalam kegiatan ini kami terapkan Protokol kesehatan (Prokes) kepada peserta, panitia dan yang hadir di acara PKD karena masih di masa pandemi.

“Semua peserta terlebih dahulu di cek kesehatan dan suhu tubuh sebelum menjalani sekrining, jadi peserta benar-benar sehat baik jasmani dan rohani,” terangnya.

Panitia membatasi peserta yang sebelumnya berjumlah ratusan peserta kini berjumlah 45 peserta.

“Ini semua kami laksanakan sesuai dengan aturan agar bisa menjaga jarak ketika di ruangan saat mendengarkan materi dari narasumber,” kata Amin.

Tampak hadir, Ketua PC, GP Ansor Purbalingga, Ketua MWC NU, Kepala Desa Bantarbarang, para peserta PKD dan tamu undangan lainnya.

Acara ditandai penyerahan tanda peserta secara simbolis oleh Ketua PC GP Ansor Purbalingga kepada peserta.

“PKD ini kami selenggarakan selama dua hari di mulai hari ini sabtu (3/4) sampai hari Minggu (4/4/2021), insyaallah berjalan aman dan kondusif,” ucap Amin.

Untuk keamanan di pimping langsung oleh Kasatkoryon Banser Sudi. Terkait keamanan, panitia menempatkan Anggota Banser di titik rawan karena peserta kebanyakan dari luar Desa Bantar Barang bahkan ada yang dari luar Kabupaten Purbalingga. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *