18/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pelaksanaan ANBK di SDN 3 Sirau Berjalan Dengan Lancar

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) hari pertama SDN 3 Sirau Gelombang 2 hari pertama sesi 1 dan 2 Alhamdulilah berjalan dengan lancar.

Hal itu disampaikan M. Iqbal, salah satu pengawas pelaksanaan ANBK di SDN 3 Sirau, Korwil Karangmoncol, Dindikbud Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (17/11).

Kepala SDN 3 Sirau, Wadiman menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan ANBK sesuai jadwal dan SDN 3 Sirau dapat melaksanakan pada gelombang 2.

“Hari ini merupakan hari pertama ada 2 sesi dan besok hari ke 2 juga ada 2 sesi. Sesi pertama diikuti oleh 11 siswa dan sesi ke 2 di ikuti oleh 10 siswa. Begitu juga hari kedua, ada 2 sesi. Semoga berjalan dengan baik,” katanya.

Wadiman menjelaskan, program pelaksanaan ANBK ini merupakan program Nasional. “Kami merasa senang karena sesuai dengan era masa kini siswa dapat memanfaatkan Internet dalam pembelajaran di sekolah dengan baik. Dan semua guru, tenaga kependidikan dilibatkan di SDN 3 Sirau ini. Harapan kami ANBK dapat berjalan dengan baik dan siswa akan lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

Salah satu siswa Kelas 5 yang mengikuti ANBK, Itsnaini ketika dimintai tanggapan sebelum jam pelaksanaan dimulai berkaitan pelaksanaan ANBK mengatakan, dirinya dalam menghadapi ANBK sudah belajar sejak tadi malam. “Saya juga merasa senang dengan kegiatan ANBK ini karena saya dapat belajar komputer dan dapat menambah semangat dalam belajar,” ucapnya .

Dalam persiapan untuk menghadapi ANBK, Ketua Panitia, menyampaikan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan sekitar sebulan yang lalu.

“Semoga siswa lebih siap dalam melaksanakan ANBK. Namun saat melakukan latihan dan persiapan kadang ada kendala gangguan server, sinyal tidak lancar, maupun mati lampu. Itu merupakan sebagian permasalahan yang dijumpai di sekolah,” ujarnya.

Panitia bidang proktor, Noviana Purbowati menambahkan, siswa dalam kegiatan ANBK terlihat tampak sangat antusias dapat dilihat pelaksanaan sesi 2 terjadwal dimulai pukul 13.00 hingga pukul 15.35 WIB. Siswa sudah siap berada di tempat sejak pukul 11.30 WIB.

Rokhayatun S. Pd juga menyampaikan rasa senang melihat antusias para siswa serta kerjasama sesama guru dalam mempersiapkan pelaksanaan ANBK. “Panitia melaksanakan sesuai tugasnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab dan saya besok hari ke 2 juga melaksanakan tugas menjadi pengawas di sekolah lain,” tuturnya.

Sementara, salah satu guru yang juga sebagai panitia ANBK urusan teknisi, Rinta Agustina mengatakan, dalam pelaksanaan ANBK hari ini tidak ada gangguan teknis sehingga kegiatan berjalan dengan baik. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *