22/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

PCNU Cilacap Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 

CILACAP (BANYUMAS POS) – Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Cilacap (PCNU Cilacap), Jawa Tengah, Jumat (22/10).

Upacara peringatan tersebut dilaksanakan di kompleks Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap, Jalan Raya Kalisabuk Km 15, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Pembina upacara KH Nasrulloh Muchson (Gus Nasrulloh) yang juga Rektor Universitas NU Al Ghazali (Unugha) Cilacap mengatakan, HSN mengingatkan pada 76 tahun lalu tepatnya pada 22 Oktobet 1945, KH Hasyim Asyari mengeluarkan fatwa yang dikenal sebagai Resolusi Jihad.

Saat itu, KH Hasyim Asyari menyatakan perang mengusir penjajah dari Tanah Air adalah fardlu a’in bagi setiap muslim. Resolusi Jihad atau jihad fisabilillah dengan jelas memuat nilai-nilai nasionalisme Indonesia yang berbasis ahlussunnah waljamaah.

“Yaitu kewajiban mempertahankan kemerdekaan NKRI sebagai satu-satunya pemerintahan yang sah. Umat Islam terutama NU harus mengangkat senjata melawan penjajah dan sekutunya. Inilah peristiwa sejarah penting yang melandasi lahirnya Hari Santri Nasional,” katanya.

Resolusi Jihad menunjukkan peran besar santri dalam menegakkan kemerdekaan negara Indonesia. Menggambarkan Islam dan nasional itu bukan hal yang kontradiktif, justru tidak bisa dipisahkan.

“Pada hari santri ini, saya ingin membangkitkan kembali semangat perjuangan melawan penjajah, melakukan komitmen kebangsaan dan melunasi janji para pendiri bangsa yang telah menunjukkan kepada para santri terdahulu,” tegasnya.

Terkait kebhinnekaan, keterbukaan dan toleransi, dewasa ini dunia mengetahui capaian peradaban yang telah diraih oleh umat Islam Indonesia.

Prestasi ini tidak hanya terbatas pada keberhasilan mempertahankan keutuhan negara dan berjalannya demokrasi dimana seluruh komponen bangsa berhasil menunjukkan keselarasan antara demokrasi modern dan keberlangsungan tradisi Islam.

“Pengakuan masyarakat dunia bahwa umat Islam Indonesia yang dipelopori para santri dan ulama telah menciptakan berbagai kreasi yang membentuk budaya keagamaan yang tidak bertentangan dengan kehidupan global,” ungkapnya.

Hadir Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Dandim 0703 Cilacap yang diwakili Kapten Cba Gunawan, Ketua PCNU Cilacap KH Nasrulloh Muchson, Sekretaris PCNU Khazam Bisri serta para pengurus PCNU Cilacap, santriwan dan santriwati, Fatayat NU Cilacap, juga para peserta upacara Hari Santri Nasional 2021. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *