27/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pasca Longsor di Jalan Pegunungan Sirau, Camat Karangmoncol Kembali Tinjau Lokasi

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Camat Karangmoncol, Juli Atmadi kembali meninjau lokasi bencana longsor tebing yang telah terjadi beberapa hari lalu di sekitar jalan menuju Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol.

“Kejadian ini merupakan kejadian bencana alam, maka langkah kita tentunya harus waspada dan menurut BMKG curah hujan di wilayah kita itu tinggi, untuk itu kami harapkan seluruh masyarakat untuk waspada terhadap setiap kejadian dan senantiasa menjaga supaya di area wilayah kita terhindar dari bencana,” ujar Camat Karangmoncol, Juli Atmadi kepada awak media saat meninjau lokasi, Rabu (27/10).

Dia menjelaskan, salah satunya berhati-hati bagi yang memiliki atau menempati rumah yang berada di area rawan bencana. Apabila ada kejadian yang mengkhawatirkan, segeralah mengambil langkah.

Kemudian, lanjut Juli, untuk kebersihan lingkungan, pembuangan sampah serta pengelolaan lahan perlu dikelola dengan sebaik-baiknya agar kita dapat bersahabat dengan alam maka kita perlu menjaga alam dengan sebaik-baiknya.

Sementara, Bupati Purbalingga dalam intruksinya saat mengunjungi lokasi beberapa hari lalu menyampaikan agar segera melakukan penanganan sehingga jalur transportasi segera dapat dilalui kendaraan agar tidak menjadi kendala bagi masyarakat.

Sehari setelah bencana longsor terjadi, masyarakat kerja bakti membersihkan material longsoran dibantu oleh BPBD, Forkopimcam Karangmoncol, Kepala Desa Sirau beserta warga masyarakat, Kepala Desa Kramat Jarwani beserta Warga masyarakat, ormas Kokam, Banser dan Pemuda Pancasila.

“Mereka membersihkan material longsoran berupa bebatuan, tanah, kayu, ranting pohon maupun sampah dedaunan dari pegunungan. Berkat adanya kekompakan serta gotong royong saling bahu-membahu, material longsoran akhirnya dapat dibersihkan,” terangnya.

Juli menambahkan bahwa Jalan Raya Desa Kramat Menuju Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol kini sudah dapat dilalui oleh kendaraan.

Ia berharap agar masyarakat senantiasa menjaga lingkungan, karena sudah ada beberapa bencana alam yang terjadi di Kecamatan Karangmoncol beberapa pekan terakhir.

“Bencana alam ini antara lain longsor pegunungan arah Desa Sirau yang menutup akses Jalan Raya Siregol, banjir besar di Kali Muli Desa Tunjungmuli yang menghanyutkan 3 kios, dan kerusakan akibat banjir Jalan Desa Grantung menuju Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol. Maka warga harap selalu waspada terhadap kejadian ini,” ungkapnya.

Camat juga mengimbau agar masyarakat dapat mengelola alam dengan sebaik-baiknya sehingga potensi rawan bencana bisa berkurang. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *