23/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Pasca Bentrok Ormas PP dan LSM GMBI di Gombong, Polisi Amankan 80 Orang dan 5 Mobil Rusak

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Polres Kebumen mengamankan 80 orang oknum anggota ormas Pemuda Pancasila dan 5 unit mobil yang dirusak massa pasca bentrokan antara ormas Pemuda Pancasila dan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Bentrokan terjadi di Gombong, Kebumen, Senin (23/8/2021) sore.

Mobil-mobil tersebut diduga milik pengurus ormas. Saat kejadian, kelima mobil itu diparkir di depan markas LSM GMBI di Jalan Yos Sudarso, Gombong. Namun hingga saat ini, Polisi belum menetapkan tersangka.

“Kami punya waktu 1 kali 24 jam untuk menetapkan mereka tersangka perusakan atau bukan. Lima mobil diamankan di Mapolres Kebumen,” kata Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama kepada wartawan, Senin (23/8/2021) sore.

Lanjut AKBP Piter Yanottama, Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kebumen kini tengah melakukan penyelidikan. “Selambat-lambatnya 1X 24 jam, Polisi akan menetapkan tersangka pelaku perusakan lima mobil dan markas LSM GMBI di Gombong.

Kapolres didampingi Kabag Operasi Polres Kebumen, Kompol Mangarif mengungkapkan, konflik itu dipicu perkara penganiayaan seorang pemuda di Gombong. Kemudian, ormas Pemuda Pancasila yang mendengar LSM GMBI melakukan pendampingan hukum pada pemuda tersebut akhirnya didatangi.

Sebab dari isu yang beredar, sejumlah anggota LSM dari Jateng datang ke Kebumen Senin (23/8). “Namun ternyata isu tersebut hanya hoaks karena tidak ada anggota LSM dari sejumlah Kabupaten di Jateng mendatangi Kebumen,” ujarnya.

Polres Kebumen terus berupaya menciptakan suasana kondusif pasca kejadian itu. Patroli bersama Kodim 0709/Kebumen dilakukan untuk mencegah kejadian tersebut berulang kembali.

Diantaranya pengamanan markas ormas Pemuda Pancasila dan markas LSM GMBI. Pengamanan diantaranya ada 30 anggota Brimob Jawa Tengah di Kutoarjo, dengan status Bawah Kendali Operasi Polres Kebumen. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *