14/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Panen Sayur Hidroponik, Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi 

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di tengah masa Pandemi Covid-19, Persit Kartika Chandra Kirana, Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro melakukan panen sayur sistem Hidroponik di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Rabu (14/7/2021).

Diketahui, menanam tanaman sistem Hidroponik tersebut menggunakan metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada Hidroponik tersebut lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien. Jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Panen sayuran hidroponik yang dilakukan Persit Kartika Chandra Kirana, Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro merupakan panen yang kedua setelah beberapa waktu dilakukannya panen perdana.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Dewi Lagan Safrudin mengatakan, dimasa pandemi covid-19, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mendukung ketahanan pangan dimasa pandemi ini.

“Kegiatan yang dilakukan yakni menanam sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar kita. Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk mendukung ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 khususnya bagi anggota guna memenuhi kebutuhan keluarga,” ungkapnya.

Pihaknya dalam hal ini, juga sudah menginstruksikan kepada seluruh Persit Kartika Chandra Kirana Cabang di jajaran Korem 071/Wijayakusuma untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di setiap satuannya untuk digunakan sebagai lahan menanam sayuran ataupun dapat dijadikan kolam budidaya ikan konsumsi.

Ia menjelaskan, kegiatan menanam tanaman sayur ini dalam rangka mengisi waktu dan mengisi kegiatan anggota Persit, khususnya Koorcab Rem 071 baik di lingkungan kesatrian maupun lingkungan rumah di bidang ketahanan pangan dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19.

Menurutnya, Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah dan budidaya tanaman ini lebih mengutamakan media air yang telah dicampur dengan nutrisi.

“Dengan tekhnik menanam hidroponik ini, kita tidak memerlukan lahan yang luas dengan memanfaatkan lahan kosong baik disekitar rumah maupun kantor yang relatif sempit,” terangnya.

Lebih lanjut, Dewi menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan guna menambah perekonomian dalam rumah tangga, khususnya anggota Persit Koorcab Rem 071.

“Dengan panen ini, otomatis kita dapat menghemat pengeluaran kita. Ini sebagai contoh untuk para anggota Persit Koorcab Rem 071 dan hal ini juga dapat ditularkan kepada masyarakat sebagai wahana pemanfaatan lahan kosong untuk menambah perekonomian keluarga,” ujarnya.

Kegiatan panen sayuran hidroponik tersebut berupa tanaman pakcoy dan selada yang dilaksanakan dengan tetap mengindahkan dan memperhatikan Protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan positif ini, juga bertujuan agar anggota Persit Koorcab Rem 071 memiliki kesibukan yang bermanfaat. Hal ini juga dapat memupuk silaturahmi dan kerjasama antar anggota, karena pengelolaannya dikerjakan bersama-sama dan saling bahu membahu,” pungkasnya. (dl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *