03/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

PAC GP Ansor Punggelan Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – PAC GP Ansor Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dalam rangka pengkaderan dan membina anak-anak muda Ansor.

Ketua PAC GP Ansor Kabupaten Banjarnegara, Wahid Jumali mengatakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar ini pertama kali diadakan dimasa pandemi Covid -19 ini.

“Kegiatan ini diikuti Ranting GP Ansor yang berada di Kecamatan Punggelan dan kami laksanakan sesuai protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku, dan pesertapun kami batasi agar menghindari kerumunan,” jelasnya.

Wahid menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan meteri-materi dasar keansoran, keaswajaan dan kebangsaan, dengan maksud agar pemuda tidak mudah terbawa arus jaman yang tidak baik dan terpengaruh ajaran agama yang menyimpang.

Selain itu, juga untuk memberi pemahaman agar pemuda ini tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak di inginkan dan tidak terbawa kepada aliran radikalisme yang mau menghancurkan agama dan bangsanya sendiri.

Sebelum dilaksanakan pelatihan, semua peserta di sekrining terlebih dahulu dan di cek kesehatan oleh Banser Husada yang selalu siap siaga 24 jam dalam mendampingi kegiatan PKD maupun di setiap kegiatan ke organisasian dan kegiatan masyarakat umum lainnya.

“Karena situasi ini masih pandemi, maka peserta pun kami batasi hanya 50 orang dan tempat pun harus luas agar bisa menjaga jarak,” kata Wahid.

Dia berharap, setelah pelatihan ini nantinya tercipta kader-kader NU yang militan dalam menjalankan ajaran agama Islam yang benar berdasarkan Akhlisunah waljamaah, jauh dari ajaran-ajaran radikal yang bisa yang menyesatkan dan menyalahi ajaran agama yang sebenarnya.

 

Sementara, Ketua panitia, PKD Solihun mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan sesuai prosedur ke-Orgonisasian yang berlaku

“Peserta kami batasi dan kami seleksi terlebih dulu agar supaya hasil dari PKD ini bisa benar-benar melahirkan keder-kader pemuda Ansor yang militan berbakti kepada Agama dan Bangsa, juga menjadi garda terdepan dalam membela NKRI,” ungkapnya.

Pada PKD kali ini, dari 142 peserta setelah di seleksi cuman 50 peseta yang bisa mengikuti PKD namun kebanyakan belum cukup umur. Ada pula yang tidak memenuhi parsyaratan.

“Kami menghimbau kepada seluruh peserta agar mematuhi aturan yang telah di buat oleh panitia,” ucapnya.

Sekertaris Desa Klapa, Eli Sunanto mengapresiasi kepada pengurus GP Ansor di wilayah Kecamatan Punggelan yang sudah bisa menyelenggarakan PKD Dengan aman dan tertib.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, pemuda Ansor di Kecamatan Punggelan lebih maju dan dapat menjadi panutan buat pemuda-pemuda yang lainya,” tandasnya.

Dia berharap kepada pemuda Ansor di wilayah Kecamatan Punggelan agar selalu bersinergi dengan Pemerintahan Desa dalam setiap kegiatan, khususnya di Desa Klapa pemuda Ansornya untuk giat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata Susanto.

Sementara, MWC NU Punggelan, Kyai Misbahul Munir mengatakan adanya pelatihan ini nantinya bisa menghasilkan pemuda Ansor yang tangguh dan militan dalam membela Agama dan Bangsa hingga bisa terciptanya kedamaian di negeri Indonesia tercinya ini. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *