05/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Operasi Ketupat Candi 2021 Dibuka, Polres Kebumen Siapkan 4 Titik Penyekatan

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Operasi Ketupat Candi 2021 atau pengamanan Lebaran Idul Fitri 1442 H yang digelar Polres Kebumen ditandai dengan pemasangan pita merah tanda operasi dan secara resmi menandakan Operasi telah dimulai, Rabu (5/5/2021).

Amanat Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyampaikan, pelaksanaan apel gelar pasukan, operasi dilakukan selama 12 hari mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021.

Dikarenakan masih dalam situasi Pandemi covid-19, operasi akan fokus kepada penanganan pencegahan penyebaran COVID-19. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19,” jelas Bupati Kebumen didampingi Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama dan Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS Prawira Negara.

Sementara, Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama mengatakan, apel gelar pasukan ini untuk mengecek secara langsung kesiapan personel pengamanan.

Beberapa cara bertindak yang telah dipersiapkan dalam pengamanan Operasi Ketupat Candi 2021, diantaranya menyiapkan Pos penyekatan.

“Pos penyekatan ada empat titik di perbatasan di sekitar Kebumen. Selanjutnya Pos Pam yang bertugas, akan mengecek pemudik yang dalam masa pelarangan mudik mau memasuki Kebumen,” jelas AKBP Piter.

Adanya hal tersebut, Kapolres mengimbau kepada warga masyarakat untuk menunda mudik. Namun ada beberapa yang boleh melintas saat waktu pelarangan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021.

Diantaranya, TNI-Polri serta PNS yang menunjukkan surat penugasan. Selanjutnya warga masyarakat yang bisa menunjukkan surat keterangan dari Kepala Desa ataupun Kelurahan tentang keperluan mendesak seperti menjenguk orang yang sakit.

Empat Pos Penyekatan telah disiapkan Polres Kebumen diantaranya di Pasar Ayah Kecamatan Ayah, TIC Purbowangi Kecamatan Buayan, Desa Wiromartan Mirit, dan Prembun. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *