12/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Napi Terorisme Lapas Nusakambangan Ucap Ikrar Setia Kepada NKRI

CILACAP (BANYUMAS POS) – Narapidana terorisme di Lembaga Pasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Prosesi ikrar yang dilaksanakan Kamis, (12/08/2021) dihadiri Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi bersama Pejabat Utama, Kapolsek Nusakambangan, Kapolsek KSKP dan Kapolsek Karangpucung serta Kalapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan, Fajar Nur Cahyo.

Pelaksanaan upacara ikrar setia NKRI diawali dengan menjalani pembacaan ikrar, penandatanganan, pembacaan Pancasila, Penghormatan serta penciuman Bendera Merah Putih.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan, arti Pancasila sekaligus menyampaikan salam dan terima kasih atas pelaksanaan Ikrar setia kepada NKRI tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

“Mari kita berjuang bersama masyarakat lainnya, bersama bangsa yang sesuai dengan Pancasila untuk kebaikan bersama dan saling menghargai keberagaman budaya dan agama di Indonesia,” ujar Kapolres.

Kegiatan tersebut merupakan Pengucapan Ikrar setia kepada NKRI sebagai bentuk implementasi hasil program deradikalisasi, yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

Ikrar dilakukan secara sadar dan tanpa paksaan dengan harapkan nantinya setelah menjalani hukuman akan kembali ke masyarakat dan dapat menjadi agen yang membantu Pemerintah untuk memberikan pencerahan bagi orang-orang disekitarnya, sehingga menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat.

Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh perwakilan Densus 88, Badan Intelejen Negara, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepolisian Resor Cilacap. Identitas yang melaksanakan Ikrar setia kepada NKRI adalah IM dan MF asal Nusa Tenggara Barat.

Di akhir sambutannya, Kapolres berpesan agar mempersiapkan diri dengan dibekali keterampilan yang akan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Acara diakhiri dengan Yel Yel ‘NKRI HARGA MATI’ yang diikuti seluruh peserta dan napi yg melaksanakan Ikrar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *