17/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Muncul Kembali Klaster Covid-19, Pemkab Banyumas Berlakukan Micro Lockdown

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Klaster penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kembali bertambah.

Sebanyak 29 warga Desa Karangtalun Kidul, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, dilaporkan positif Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein, Minggu (16/5/2021). Jumlah tersebut didapat berdasarkan hasil tes swab massal yang dilakukan sebanyak tiga kali.

Awalnya berdasarkan hasil tes swab pada 7 Mei, terdapat delapan warga yang positif Covid-19.

Kemudian ketika tes swab pada 8 Mei, terdapat tambahan dua warga yang positif Covid-19. Terakhir ketika tes swab pada 11 Mei sebanyak 19 warga terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian totalnya ada 29 warga yang terpapar Covid-19.

Husein menambahkan, untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, Pemerintah kabupaten Banyumas memberlakukan micro lockdown di area tersebut.

“Ternyata ada penolakan dari warga, sehingga terpaksa micro lockdown,” ujar Husein.

Dia menjelaskan, sebanyak 19 orang diisolasi di rumah karantina yang ada di Baturaden. Sedangkan sisanya yang 10 orang menjalani isolasi mandiri.

“Yang penting bahwa warga yang positif harus betul-betul dikarantina, bisa disatukan dalam satu rumah atau lebih ,” kata Husein.

Berdasarkan data, sejak akhir April terdapat beberapa klaster penyebaran Covid-19 di Banyumas. Antara lain di Desa Tanggeran dan Desa Pekaja, Kecamatan Somagede.

Kemudian di Desa Karangcegak di Kecamatan Sumbang, Desa Rawalo di Kecamatan Rawalo, Desa Danaraja di Kecamatan Banyumas. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *