31/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Muhammadiyah Cabang Karangmoncol Gelar Musyawarah Persiapan Pengajian Rutin 

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Segenap jajaran pengurus Muhammadiyah Cabang Karangmoncol beserta pengurus Ranting Muhammadiyah se-Cabang Karangmoncol mengadakan musyawarah guna membahas berbagai kegiatan organisasi, termasuk kegiatan persiapan pengajian rutin Ahad Pahing yang sebelum Covid-19 rutin dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Ketua Muhammadiyah Cabang Karangmoncol, Fauzi di Gedung MIM Tunjungmuli lantai dua Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Minggu (31/10).

Fauzi menjelaskan bahwa pengajian Ahad Pahing akan kembali dilaksanakan pada bulan Nopember 2021 mendatang dengan ketentuan jika sudah mendapatkan ijin dari Satgas Covid-19.

“Kita juga harus berupaya menjaga Protokol kesehatan di masa pandemi ini,” tegas Fauzi.

Selain membahas tentang rencana pengajian setiap Ahad pahing, Fauzi juga menyampaikan harapan di depan peserta musyawarah yang berasal dari Ranting Kramat, Tunjungmuli, Tamansari dan Pepedan,

“Saya berharap adanya pergantian kepengurusan terutama ketua cabang saya ingin ada yang bersedia menggantikan posisi saya sebagai ketua cabang dikarenakan adanya gangguan kesehatan pada diri saya, sehingga dikhawatirkan tidak bisa melaksanakan tugas saya secara maksimal,” ucapnya.

Menanggapi harapan dari ketua cabang tentang pergantian kepengurusan, Penasihat Ketua Cabang Muhammadiyah, Sutibi mengatakan, jika ketua berhalangan ingin diganti oleh yang lain, harus melalui mekanisme dan prosedur yang telah tertuang di dalam AD/ART.

“Tugas-tugas keorganisasian dapat dijalankan oleh Ketua ll dan Ketua Umum masih tetap sesuai posisinya hingga sampai periode batas kepengurusan terbentuk kembali,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Suharjo, Bendahara Cabang. Ia mengatakan bahwa tugas Ketua dapat diserahterimakan untuk digantikan oleh pengurus yang lain. “Hal ini bisa dibahas diwaktu yang lain yaitu pada forum musyawarah unsur pengurus harian Muhammadiyah Cabang Karangmoncol,” terangnya.

Peserta musyawarah Masrur dari Tamansari menyampaikan, sebagai pengurus organisasi tentu dalam menjalankan fungsi dan tugasnya perlu mengacu kepada AD/ART. Menurutnya, jika tidak mengacu AD/ART, maka apa yang akan dijadikan acuan dalam berorganisasi.

Sementara, Sodiq peserta musyawarah dari Ranting Kramat mengatakan bahwa berkaitan kiprah Muhammadiyah seperti Kokam yang punya jiwa semangat jangan hanya mengandalkan rasa semangatnya.

“Namun juga perlunya penambahan ilmu termasuk memberdayakan PUTM (Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah) sehingga diharapkan akan menambah ilmu,” tandasnya.

Hal lain yang dibahas dalam musyawarah tersebut M. Iqbal dari pengurus Ranting Tunjungmuli mengusulkan perlunya Ketua Cabang memberikan instruksi agar masing-masing ranting yang ada di Cabang Karangmoncol dibentuk pengurus Nazhir untuk menertibkan aset Aum Muhammadiyah.

Ia berharap agar Cabang Muhammadiyah Karangmoncol segera memberikan rekomendasi kepengurusan Nazhir untuk mendapatkan SK Nazhir dari KUA sehingga diharapkan aset Muhammadiyah akan lebih tertib,”usulnya .

Pada sesi selanjutnya, Sekretaris Cabang Muhammadiyah Husen menyampaikn permohonan maaf dikarenakan ia terlambat hadir karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Sebenarnya musyawarah ini juga dihadiri oleh Bidang Dakwah Wahyu karena beliau mungkin juga perlu menyampaikan beberapa hal dan perlu dimusyawarahkan, namun karena berhalangan beliau terpaksa tidak dapat hadir,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Hamdani Ketua Muhammadiyah Ranting Tunjungmuli. Ia menyampaikan permohonan maaf dikarenakan terlambat hadir karena ada urusan berkaitan dengan usaha peternakan sapi yang dimiliki yang saat ini sudah memiliki 40 ekor sapi dari bantuan Pemerintah secara bertahap ke pihak kelompok peternak sapi.

“Kami berharap Muhammadiyah sangat perlu juga meningkatkan amal usaha dalam pemberdayaan ekonomi untuk menopang usaha program Muhammadiyah agar lebih maju dalam berbagai hal,” pungkasnya. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *