14/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

MPLS, Babinsa Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SMA Ya BAKII 2 Gandrungmangu

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa SMA Ya BAKII 2 Gandrungmangu, Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu, Peltu Kharis Wahyudi dan Pelda Kusento memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dengan didampingi Kepala sekolah Ya BAKII 2 Gandrungmangu, Sutaryo dan Ketua OSIS Ya BAKII 2 Gandrungmangu di Aula sekolah, Selasa (13/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Pelda Kusento memaparkan kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini yabg sangat memprihatinkan.

Menurutnya, wawasan kebangsaan yang dulu sangat tinggi dengan nilai-nilai 45 nya, saat ini sudah mulai luntur.

Kusento mengatakan, saat ini yang berkembang justru kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah. Belum lagi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini.

“Oleh karena itu, kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kusento menjelaskan tentang 4 pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

“Rasa kebangsaan merupakan implementasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad untuk menjadi bangsa yang besar, kuat, dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia,” tandasnya.

Dikatakan bahwa paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan. Hal itu terpancar dari Nasionalisme serta ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Ya BAKII 2 Gandrungmangu, Sutaryo mengucapkan terimakasih kepada pihak Koramil 10/Gandrungmangu yang telah menerjunkan personilnya dalam memberikan wawasan kebangsaan untuk menggugah kembali jiwa Nasionalisme, terutama para anak didiknya.

“Kami berharap, kegiatan ini terus berkesinambungan. Walaupun dalam situasi pandemi saat ini, kita masih bisa membekali generasi muda tentang wawasan kebangsaan, khususnya para anak didik kami,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *