27/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Minimalisir Pemudik Curi Start, Pemkab Cilacap Lakukan Penyekatan di Titik Perbatasan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Guna meminimalisir para pemudik yang mencuri start, Pemkab Cilacap melakukan penyekatan di sejumlah titik diperbatasan antar provinsi dan antar Kabupaten untuk mencegah masuknya pemudik menyusul larangan mudik yang dipercepat.

Ada delapan titik diperbatasan yang dipantau khusus untuk mencegah masuknya pemudik. Tiga titik merupakan perbatasan dengan Provinsi Jawa Barat yaitu Kalipucang, Menganti dan Dayeuhluhur.

Ditambah lima titik perbatasan antara Kabupaten Cilacap dengan Banyumas dan Kebumen yang dijaga meliputi, Wangon, Menganti, Sampang, Kali Bodo, dan Karangbolong, Kabupaten Kebumen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Cilacap, M Wijaya mengatakan, area Kabupaten Cilacap ini berbatasan langsung dengan beda provinsi dan antar Kabupaten dalam provinsi.

“Kabupaten Cilacap tidak menyiapkan lokasi karantina khusus dan penyekatan ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pemudik pada lebaran Idul Fitri 2021 mendatang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, penyekatan ini sudah dilakukan dengan ketat dan sudah ada aturan larangan mudik.

“Sengaja dari Kabupaten Cilacap tidak mempersiapkan tempat karantina untuk pemudik. Makanya, kita persiapan agarb tidak boleh ada yang masuk ke sini (ke Cilacap),” ujarnya.

Secara umum kondisi Covid-19 di Cilacap semakin terkendali namun pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat selalu taat Protokol kesehatan. Bagi warga yang bepergian akan diisolasi mandiri untuk mengantisipasi penularan.

“Ini kebijakan umum Covid-19, yang merasa sakit isolasi mandiri, kalau yang sudah bergejala segera dirawat di rumah sakit,” kata Wijaya.

Oleh karenanya, Pemkab Cilacap kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro bersamaan dengan perubahan regulasi larangan mudik lebaran yang dipercepat.

“Ketentuan ini berlaku sejak 23 April 2021 hingga 3 Mei 2021 mendatang,” tegasnya.

Peraturan ini sesuai Instruksi Bupati Cilacap Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *